Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ertiga Dreza Ekslusif Cuma untuk Indonesia

Kompas.com - 08/01/2016, 09:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Guna memaksimalkan pasar kendaraan multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) di Indonesia, Suzuki mengembangkan New Ertiga Dreza. Status Dreza ternyata ekslusif diciptakan dan dikembangkan untuk Indonesia.

Meski berstatus produk global, Dreza tidak dipasarkan di negara lain, seperti India, Jepang, Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.


Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, saat pengembangan desain, Suzuki Motor Corporation (SMC) menujuk Dreza untuk pasar Indonesia. Sebab, pihak prinsipal melihat segmen mobil dengan harga di atas Rp 200 juta cukup besar di Tanah Air.

“Karena segmen kendaraan seperti ini di negara lain tidak terlalu besar, maka pihak prinsipal menunjuk New Ertiga Dreza ini khusus untuk Indonesia. Saat pengembangan, kita juga ikut dilibatkan,” ujar Davy menjawab pertanyaan KompasOtomotif saat acara Press Conference di X2 Lounge, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (7/1/2016) malam.

Davy menambahkan, keterlibatan Suzuki Indonesia saat proses pengembangan cukup besar. Sebelum memutuskan desain hingga memilik motif jok pihak prinsipal mengundang Suzuki Indonesia ke Jepang untuk meminta pendapatnya.

“Jadi kita pilih motif joknya seperti apa dan desainnya seperti apa yang cocok untuk pasar Indonesia. Jadi sekarang ini prinsipal saat mendesain suatu produk selalu melibatkan orang lokal,” kata Davy.

Kedepannya lanjut Davy, melihat kondisi seperti itu dampak positifnya adalah nantinya semua mobil Suzuki yang dipasarkan di Indonesia akan sesuai dengan selera masyarakat. Sebab, saat proses pengembangannya selalu melibatkan orang lokal.

“Jadi sangat menarik bagi kita. Ke depannya produk Suzuki itu mudah-mudahan lebih cocok dengan selera orang Indonesia. Termasuk Dreza ini yang dibuat khusus untuk Indonesia.

Ekspor

Menurut Davy, tidak menutup kemungkinan New Ertiga Dreza ini akan diekspor ke beberapa negara di Asia. Ia mencontohkan, jika setelah diluncurkan di Indonesia ternyata ada permintaan dari negara lain, maka Dreza siap diekspor.


“Kalau ternyata setelah diluncurkan negara lain mau, maka kita siap jual New Ertiga Dreza ke negara tersebut,” ucap Davy.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com