Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Main” Supermoto? Bebas Saja

Kompas.com - 07/01/2016, 11:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ingin menggunakan sepeda motor jenis supermoto tidak rumit. Tinggal siapkan ”bahan-bahan” dan memodifikasinya secara simpel kalau tak ingin ”beli jadi”. Melakukannya juga tidak ada patokan khusus, terutama mengikuti tren.

Menurut Lerry Rahmat Rizky, pemilik bengkel modifikasi CAOS Custombike di Jl Pancoran Barat 8 no 6C, tidak ada tren khusus untuk memodifikasi supermoto. ”Seperti dulu-dulu saja. Trennya mengikuti gaya modifikasi dari luar negeri,” ucap Lerry (6/1/2015).

Kebiasaan modifikasi supermoto meliputi penggunaan warna-warna terang. Misalnya pakai dua warna, atau warna stabilo. Kaki-kaki proporsional, tidak terlalu besar. ”Main supermoto yang penting bisa buat narsis, karena warna terang, dan gampang menarik perhatian orang,” kata Lerry.

Kunci utama memodifikasi supermoto menurut Lerry adalah kaki-kaki. Biasanya menggunakan pelek dua warna atau ban dual purpose. Banyak kalangan pecinta supermoto menggunakan sepeda motornya tak hanya untuk touring, tetapi juga menjelajah gravel dan tanah.

Selebihnya, tinggal mengikuti selera. Misalnya menggunakan aksesori ”printilan” seperti lampu-lampu, sedikit bodi, hingga pakai knalpot performa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com