Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karimun Wagon R AGS Bisa "Merayap"

Kompas.com - 06/01/2016, 11:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berbeda seperti model “mobil murah” lainnya, Suzuki Indomobil Sales (SIS) memilih Auto Gear Shift (AGS) buat Karimun Wagon R untuk menjamah kebutuhan konsumen yang mau transmisi otomatis.

Guna mendalami ini, KompasOtomotif meminjam varian termewah dari produk low cost green car (LCGC) besutan Suzuki, yakni Karimun Wagon R GS dengan transmisi AGS. Pengalaman berkendara sehari-hari bersama mobil mungil di kemacetan Ibu Kota, cukup memberikan pengetahuan bagi kami dan siap diteruskan pada pembaca, soal transmisi unik ini.

Cara kerja AGS unik, rasanya seperti transmisi manual tapi seolah punya asisten pribadi yang kerjanya menekan pedal kopling.

Otomania-Stanly Ravel Transmisi AGS pada Karimun Wagon R.
AGS memiliki 5-percepatan. Pengoperasian mengemudi terdiri dari pilihan tuas transmisi pada “D” (Drive), “M” (Manual) dengan fitur “+” (menambah posisi gigi) dan “-“ (mengurangi posisi gigi), serta “R” (Reverse).

Tidak ada pilihan “P” (Park), bila sedang parkir pengemudi bisa mematikan mesin mobil dalam kondisi tuas pada posisi D, M, atau R.

Cara kerja kopling pada AGS dikendalikan secara elektronik, jadi porsi penggantian gigi ketika tuas pada posisi D diatur otomatis. Posisi gigi yang tepat dihitung dari tekanan pedal gas dan variasi kecepatan.

Pengemudi bakal merasakan "jeda" setiap pergantian gigi ke atas, rasanya seperti ada kaki yang butuh waktu tambahan untuk menekan kemudian melepas pedal kopling, seperti mekanisme pada transmisi manual. Bahkan gejala "jeda" tetap ada ketika pedal gas ditekan penuh dan penggantian gigi di putaran atas, mendekati red line.

Otomania-Stanly Ravel Penampilan Suzuki Karimun Wagon R GS AGS.
Merayap

AGS juga punya fungsi creeping (merayap) ketika tuas pada posisi D, M, atau R. Dari posisi berhenti, meski pedal gas tidak ditekan, kopling otomatis dilepas perlahan hingga mobil mulai merayap. Meski begitu bIla kondisi tanjakan, mobil akan mundur kalau pedal gas tidak ditekan.

Fungsi merayap bakal berhenti jika pedal rem ditekan, rem parkir aktif, atau pintu terbuka saat posisi tuas pada D, M, atau R.

Biar kopling awet

Agar kopling awet, dalam buku manual Karimun Wagon R AGS disarankan jangan mengandalkan pedal gas atau fungsi merayap untuk menahan kendaraan ketika tanjakan. Bila terlalu lama demikian sinyal peringatan akan berbunyi.

Selain itu hindari sering menggeser posisi tuas di antara D, M, dan R ketika mesin sedang bekerja dan  menggunakan gigi tinggi saat kecepatan rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com