Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Standar Helm Pebalap MotoGP

Kompas.com - 05/01/2016, 14:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Madrid, KompasOtomotif – Tidak sembarang helm yang bisa dipakai balapan. Begitu pula yang dilakukan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP. Tahun ini, regulasi pengaman kepala itu diperketat hanya tiga standarisasi.

Dari regulasi lengkap (sementara) yang KompasOtomotif dapatkan, pebalap hanya bisa memakai helm yang memenuhi Rider’s Equipment Minimum Requirements (REMR) FIM. Tujuannya tentu menambah tingkat keamanan pebalap dari hal terkecil. Berikut rincian lengkapnya:

1. Helm harus bertipe full face. Itupun harus memenuhi standar keamanan tertinggi, minimal sudah tersertifikasi dari tiga lembaga:
a. ECE 22-05 (Eropa)
b. JIS T 8133:2007 dan JIS T 8133:2015 (Jepang)
c. SNELL M 2010 dan SNELL M 2015 (Amerika)

2. Kaca terbuat dari material anti-gores. Hal ini penting untuk selalu memberikan visibilitas terbaik untuk pebalap, atau tak boleh mengganggu pandangan karena kualitas kaca yang kurang baik.

3. Penggunaan tear-off (semacam lapisan plastik untuk melindungi kaca) diperbolehkan. Fungsi utama lapisan khususu ini untuk menjaga kaca dari benda-benda asing yang berpotensi menggores seperti kerikil dan lainnya.

Regulasi itu ternyata juga sudah dipenuhi oleh helm KYT, merek asal Indonesia produksi PT Tara Kusuma Indah yang pada musim 2015 menjadi andalan Andrea Iannone dan Xavier Simeon (Moto2).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com