Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Siap "Tempur" di Reli Dakar 2016

Kompas.com - 05/01/2016, 14:06 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Buenos Aires, KompasOtomotif – Perusahaan mobil komersial asal Jepang yang pertama kali ikut Reli Dakar, Hino, kembali ikut ajang balap paling ganas sedunia itu pada tahun ini. Hino mendelegasikan dua tim yang masing-masing dipimpin pebalap langganan Yoshimasa Sugawara serta anaknya Teruhito Sugawara.

Tahun ini Hino mengandalkan truk medium 500 Series dengan jantung pacu A09C-TI turbo intercooler yang diracik sesuai kebutuhan hingga menghasilkan 630 PS pada putaran mesin 2.200 rpm.

Ditunda

Reli Dakar 2016 menempuh total rute 10.000 km melintasi tiga negara, yaitu Argentina, Peru, dan Bolivia. Seluruh peserta seharusnya memulai Stage Pertama, Minggu (3/1/2016) melewati Rosario dan Villa Carlos Paz sejauh 250 km.

Namun, penyelenggara memutuskan kompetisi ditunda. Balapan dinilai sulit karena hujan lebat menyebabkan banjir dan kondisi lintasan sangat berbahaya. Bahkan, bandar udara setempat ditutup hingga penerbangan pun diberhentikan.

Hari kedua, reli menempuh 510 km menuju utara Termas de Rio Hondo. Cuaca masih buruk tapi Hino tetap berusaha fokus memastikan semua persiapan buat pertandingan.

“Hujan lebat sangat luar biasa hari ini sehingga kemungkinan wiper tidak cukup berpengaruh. Saya rasa sangat jarang terjadi penundaan dalam pertandingan Reli Dakar. Saya harap pertandingan ini bisa dilanjutkan esok hari,” ujar Yoshimasa, dalam keterangan resminya, Senin (4/1/2015).

Anak perusahaan Hino di Indonesia, Hino Motors Sales Indonesia, menyatakan dukungannya buat tim pimpinan keluarga Sugawara pada Reli Dakar 2016. Harapannya Hino bisa kembali menjadi juara pada kategori under 10-Litre, menambah gelar yang pernah diraih berturut-turut dari 2010 hingga 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com