Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tes BMW Gran Tourer [3 : Habis]

MPV Ini Punya Aura Sedan Sport Cukup Kental

Kompas.com - 04/01/2016, 16:22 WIB
Aris F Harvenda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Aroma sport ciri khas BMW tetap mengalir di tubuh Gran Tourer, meski model terbaru ini dilahirkan sebagai MPV 7 penumpang. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai desain dan sistem gerak yang benar-benar mengadopsi identitas tersebut.

[Baca juga : Mengeksplor Produk Fenomenal BMW di Segmen Baru dan Jangan Sepelekan Mesin 3 Silinder pada MPV Ini]

Sektor lain yang juga masih mengusung aroma sport adalah karakter pengendalian. Kesimpulan tersebut muncul setelah awak redaksi mencoba Gran Tourer pelesir ke Cipanas, Bogor, akhir 2015 lalu.

Sedan

Karakter sedan mulai terasa saat menduduki jok ruang kemudi. Posisi sempurna mengemudi mirip dengan sedan, mulai dari setelan jok hingga posisi setir. Ditambah lagi desain kaca depan yang landai sehingga membuat pandangan luas dan kabin terkesan lapang.

KompasOtomotif Karakter setir BMW Gran Tourer mirip Seri 3
Ada ciri khas sedan BMW, Seri 3, yang ditemukan pada kabin Gran Tourer yaitu tekanan putaran setir yang terasa agak berat. Kendati demikian kondisi tersebut membuat berkendara terasa mantap terlebih saat melaju di atas 100 kpj.

Stabil

Rasa mantap juga terasa saat melesat di Tol Jagorawi, efek negatif pengendalian seperti limbung tidak terasa. Kondisi tersebut merupakan khas produk BMW yang rata - rata menggunakan suspensi karakter medium hard.

Untuk melakukan aksi pindah jalur dan manuver di tikungan tajam khas Puncak, MPV Rp 749 juta (off the road) ini terasa stabil. Pergeseran body nyaris tak terasa dan rasio putaran setir dan arah roda cukup baik. Cukup menyenangkan berada di balik kemudi dan tidak mudah lelah.

Nyaman

Biasanya suspensi berkarakter sport itu punya khas ayunan yang agak rigid. Tapi lain halnya dengan karakter pada Gran Tourer, yang ternyata memiliki ayunan cukup nyaman.

BMW Blog MPV 7-penumpang BMW Seri 2 Gran Tourer resmi diperkenalkan, Rabu (11/2/2015).
Kontur jalan bergelombang dan keriting dilalui tanpa guncangan yang keras. Bahkan keluarga yang berada di kabin belakang tetap terlelap tidur.

Hanya saja ketika melewati jalan rusak atau lubang, benturan ban terdengar agak keras, meski masih dalam taraf wajar. Hal tersebut terjadi karena penggunaan ban profil tipis 225/45 R18.

Secara garis besar, toleransi antara kenyamanan dan stabilitas pada Gran Tourer sangat pas. Bisa jadi alternatif pilihan MPV mewah di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com