Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Hidrogen Hyundai Bisa Melaju 800 Km Sekali Isi

Kompas.com - 04/01/2016, 13:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber inautonews

Seoul, KompasOtomotif – Hyundai mengutarakan rencananya membangun generasi baru SUV berbahan bakar hidrogen. Kelebihannya, mobil diklaim bakal melaju sejauh 800-an km sekali tangki hidrogen terisi penuh, tanpa tambahan bahan bakar atau mengisi ulang.

Dalam sebuah wawancara dengan media lokal dan dikutip Inautonews (31/12/2015), Sae-Hoon Kim, Head of Hydrogen Fuel Cell Research Hyundai-Kia, menyatakan totalitasnya untuk mengembangkan model baru mobil bertipe fuel cell, entah apa modelnya nanti.

”Fokus saat ini adalah mewujudkan keinginan konsumen yang mengatakan bahwa jarak tempuh dan ruang kaki yang lega adalah prioritas. Kesulitannya, jika membesarkan tangki bahan bakar akan berlawanan dengan ruang kaki yang lega,” ucap Sae-Hoon Kim.

Demi mewujudkan hal tersebut, Hyundai, menurut Kim, terus mencari cara agar mendapat kombinasi yang diinginkan, berkiblat pada teknologi yang diusung dunia penerbangan. Jarak tempuh Hyundai ix35 FCV (Fuel Cell Vehicle) yang saat ini mencapai 600-an km, bakal lebih jauh mencapai 800-an km.

Model
Belum diketahui, model yang akan dipakai Hyundai untuk mewujudkan ambisi ini. Namun rumor mengatakan bahwa SUV akan menjadi pilihan klasik untuk Hyundai. Apalagi, tren dunia sedang mengarah ke sana, dipadu dengan mesin yang ramah lingkungan.

Produsen asal Korea Selatan itu dalam hal ini sangat serius ingin bersaing dengan produsen-produsen lain yang sukses dengan mobil berbahan bakar hidrogen, seperti Toyota dengan Mirai atau Honda yang baru saja meluncurkan FCX Clarity.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com