Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Bisa Menempel seperti "Spiderman" di Masa Depan

Kompas.com - 04/01/2016, 11:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Robot prototipe bernama Vertigo memperlihatkan rintangan objek vertikal berupa tembok sepertinya bukan masalah buat kendaraan di masa depan. Konsep robot pintar itu menggabungkan sistem kendaraan beroda empat yang dikombinasikan dengan elemen drone.

Dilaporkan Road and Track, Rabu (30/12/2015), proyek ini diciptakan oleh divisi sains pendukung Walt Disney, Disney Research, yang bekerja sama dengan ETH Zurich. Vertigo memiliki dua baling-baling yang bisa berputar berubah arah sesuai kebutuhan.

Hembusan udara yang dihasilkan mampu dimanfaatkan agar mengangkat bodi robot hingga terus menempel pada tembok. Dalam video memperlihatkan Vertigo bisa melakukan perjalanan "menempel" pada dinding tanpa terjatuh.

Disney memang tidak menyebut Vertigo merupakan konsep kendaraan masa depan dan tidak disebutkan juga bakal jadi produk inovasi. Meski begitu, Vertigo bisa saja jadi terobosan seperti drone bila disematkan kamera.

Forbes AeroMobil
Boleh jadi ide untuk Vertigo menjadikan kendaraan massal di masa depan dianggap pesimistis. Namun, Anda pernah ingat ketika ada ide menciptakan mobil terbang yang sempat dianggap mustahil ? Buktinya, saat ini sudah ada pemanufaktur asal Amerika Serikat terus mengembangkannya hingga menjadi nyata.

Lihat video berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com