Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa "Muscle Car" Amerika Belum Masuk Indonesia ?

Kompas.com - 04/01/2016, 11:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Selain mobil sport yang banyak penggemarnya, sebenarnya penggila "muscle car" khas Amerika Serikat (AS) juga tak kalah fanatik di Indonesia. Bagi mereka yang berkantong tebal, tentu bisa jadi alternatif pilhan jika para "muscle car" ini dipasarkan ke dalam negeri.

Dodge Charger, misalnya. Salah satu model "muscle car" legendaris ini sudah diluncurkan generasi ketujuh sejak 2011 dan mendapatkan ubahan cukup signifikan pada 2015 lalu. PT Garansindo Inter Global (GIG), sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) merek-merek Fiat Chrysler Automobiles (FCA) di Indonesia, mengaku pintu memasarkan mobil-mobil ini masih tertutup rapat untuk Indonesia.

Menurut Chief Sales Officer PT GIG Harun Sjech, alasan hanya menjual Journey karena model lain seperti Charger dan Challenger tidak memiliki spesifikasi setir kanan sehingga tidak bisa masuk homologasi dan dijual di Indonesia.

“Kalau ada setir kanannya sudah kita jual dari kapan tahu. Jadi terpaksa kita jual Journey dulu saja,” kata Harun di acara media gathering akhir tahun Garansindo di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2015) malam.

Inautonews Dodge Challenger SRT Hellcat

Lebih lanjut Harun menjelaskan, masyarakat Indonesia yang tertarik dengan Charger dan Challenger sangat banyak. Bahkan, sebagian besar konsumen datang ke diler menanyakan dua model tersebut.

“Calon konsumennya sebenarnya banyak. Konsumen yang masuk ke situs resmi kita juga banyak yang bertanya tentang Charger dan Challenger. Tetapi, mau gimana, kita tidak bisa jual karena tidak ada spesifikasi setir kanan,” ujarnya.

Dodge Journey sempat dipamerkan di gelaran Indonesia International Motor Show 2011. Saat itu, New Journey 2.400 cc tersebut dibanderol Rp 505 juta dan Rp 535 juta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com