Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelang “Ajal” Toyota NAV1 Banting Harga

Kompas.com - 30/12/2015, 07:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Toyota NAV1 pertama kali diluncurkan Desember 2012 dan baru mendapatkan satu kali penyegaran dua tahun selanjutnya, Jumat (9/5/2014). Masa depan kendaraan multi guna (Multi Purpose Vehicle/MPV) menengah ini dikabarkan sudah di ujung tanduk alias stop mulai 2016 di Indonesia.

Gelagat tidak seriusnya Toyota memasarkan NAV1 di Indonesia, terlihat dari model yang dipasarkan. Padahal, di Jepang Toyota sudah meluncurkan generasi terbaru Noah (NAV1), November 2013. Buktinya, sampai saat ini belum juga tiba di Indonesia.

Salah satu sumber Toyota menyebutkan, tahun depan NAV1 sudah tidak dijual lagi. Bahkan, kabar tersebut sudah sampai ke telinga tenaga penjual Toyota di Jakarta.

“Kabar itu benar, Etios Valco dan NAV1 akan dihentikan produksinya tahun depan,” ujar pramuniaga Toyota yang menolak membeberkan identitasnya kepada KompasOtomotif, Selasa (29/12/2015) malam.

Pramuniaga itu menambahkan, sampai saat ini ketersediaan unit NAV1 masih ada, tetapi tidak banyak. Menariknya, konsumen yang membeli akan mendapatkan diskon hingga Rp 35 juta.

“Kalau mau beli sekarang-sekarang ini, karena stoknya benar-benar sudah sangat sedikit,” katanya.

Toyota NAV1 itu sendiri merupakan MPV premium yang dirakit lokal oleh PT Sugity Creatives di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Berdasarkan data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-November 2015, penjualan NAV1 mencapai 541 unit, sedangkan 535 unit sepanjang 2014.

Harganya, untuk area Jabodetabek NAV1 dibanderol mulai Rp 396.350.000 (G A/T) hingga Rp 422.200.000 (V A/T Limited Lux).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com