Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Stop Etios Valco di Indonesia?

Kompas.com - 28/12/2015, 07:41 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Kendaraan sub-kompak segmen A, Toyota Etios Valco pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2013. Kabarnya, Toyota berencana menghentikan produksi sekaligus pemasaran mulai 2016.

Meskimpihak manajemen Toyota Indonesia belum mau dikonfirmasi, tapi gelagat menuju opsi stop semakin kentara. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh KompasOtomotif dari salah satu pramuniaga diler Auto2000 di Jakarta, stok Etios Valco sudah tidak banyak. Bahkan, konsumen yang membeli harus menunggu hingga satu bulan lebih.

“Pembelinya memang sedikit berkurang, sekalinya ada stoknya yang tidak banyak sehingga harus menunggu cukup lama. Tetapi, tergantung warna dan tipe yang dibelinya,” ujar sumber tersebut kepada KompasOtomotif, Jumat (25/12/2015).

Selang satu hari tepatnya Sabtu (26/12/2015) KompasOtomotif mencoba mencari informasi kebeberapa diler Toyota di kawasan Jakarta. Dua tenaga penjual Auto2000 yang dihubungi sama-sama mengatakan hal yang sama, yakni ketersediaan barangnya sudah tidak banyak.

“Pembelinya tidak banyak lagi, karena menurut konsumen mending membeli Avanza, karena harganya tidak beda jauh dengan Avanza tipe terendah. Unitnya sudah sedikit, jadi indennya lama bisa satu bulan lebih,” kata tenaga penjual yang menolak disebutkan identitasnya itu.

Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Etios Valco periode Januari-November 2015 mencapai 5.137 unit. Rata-rata perbulan di atas 400 unit bahkan sempat anjlok ke level 100-an unit di Juni, Juli, dan Agustus.

Pada Maret penjualannya tebus 924 unit, tapi tiga bulan terakhir atau mulai September hanya 392 unit, Oktober 500 unit, dan November 579 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com