Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pegang Tahta Penjualan Mobil Dunia

Kompas.com - 26/12/2015, 07:47 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif
– Toyota Motor Corporation (TMC) merebut posisi puncak sebagai produsen mobil terlaris di dunia dari Volkswagen (VW) di 2015 ini. Pada periode Januari-November, Toyota berhasil mempertahankan tahta tersebut.

Hasil penjualan Toyota selama 10 bulan terakhir tahun ini mencapai 9.210.000 unit. Sedangkan angka penjualan VW mencapai 9.010.000 unit, demikian dilansir laman Reuters, Sabtu (26/12/2015).

Pada November 2015, VW mengaku penjualannya mengalami penurunan 2,2 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama. Hal itu terjadi karena VW terjerat masalah skandal mesin diesel di Amerika Serikat (AS).

Penjualan Toyota secara grup di November 2015 mengalami kenaikan 1,0 persen dari tahun sebelumnya di periode yang sama. Sedangkan VW grup totalnya menurun 1,7 persen.

Sebelumnya, VW berhasil mengalahkan Toyota dalam enam bulan pertama (Januari-Juni) tahun ini, dengan target sampai akhir tahun 11 juta unit. Kini, setelah skandal terkuak, maka penjualan model-model diesel di beberapa pasar utama mulai dihentikan.

VW juga lagi menghadapi perlambatan di China, pasar terbesarnya di dunia. Penjualan VW saja di China turun 7,4 persen sampai September tahun ini.

Sepanjang Januari-September tahun ini, produsen lain, General Motors, tercatat sebagai merek tiga teratas dengan penurunan penjualan terbesar, yakni 1,9 persen. Dalam sembilan bulan pertama, GM berhasil mencatatkan penjualan 7,2 juta unit.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com