Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bumil" Sebaiknya Jangan Kemudikan Mobil

Kompas.com - 25/12/2015, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Sebenarnya, tidak ada larangan resmi bagi wanita berbadan dua untuk mengemudikan monil. Namun, ada baiknya dihindari karena risikonya sangat tinggi bagi sang ibu dan calon bayi yang ada di dalam kandungan.

Rifat Sungkar, Direktur Utama Rifat Drive Labs (RDL), mengatakan, saat mengemudikan mobil itu butuh konsentrasi tinggi. Tuntutan ini memaksa tubuh manusia bekerja maksimal, sehingga tidak menutup kemungkinan potensi lingkungan dan kondisi jalan justru membuat ibu hamil menjadi cepat lelah dan stres.

“Ini sangat ditakutkan karena berdampak negatif bagi kondisi bayi di dalam kandungan ibunya itu,” ujar Rifat kepada KompasOtomotif, Selasa (22/12/2015) malam.

Selain itu, lanjut Rifat yang juga berstatus pereli nasional, melanjutkan, waktu yang paling aman mengendarai mobil untuk ibu hamil itu saat usia kandungannya masih 14 hingga 28 minggu. Tetapi, semuanya juga tergantung dari kemampuan diri sendiri.

“Maksudnya, jika memang mudah lelah dan stress saat mengemudi, sebaiknya jangan mengemudikan kendaraan. Walaupun tidak seperti itu juga ada baiknya tetap jangan, karena untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,” kata Rifat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com