Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kewajiban Standar Mobil Jelang Musim Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 25/12/2015, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Lokasi yang dituju pun sangat beragam, bahkan sampai ke luar kota dengan mengendarai mobil pribadi.

Nah, bagi Anda yang akan berlibur ke luar kota menggunakan mobil pribadi, tidak ada salahnya menyimak tips yang dibeberkan oleh Rifat Sungkar selaku Direktur Utama Rifat Drive Labs (RDL).

Rifat menjelaskan, banyak orang yang kurang melakukan persiapan atau less preparation ketika akan pergi berlibur menggunakan mobil pribadi. Padahal, mempersiapkan diri atau mobil sebelum liburan sangat penting, karena akan menyangkut keselamatan dan kenyamanan.

“Mereka biasanya lebih memikirkan untuk bersenang-senang ketimbang memikirkan persiapan kendaraan yang akan dibawanya,” ujar Rifat kepada KompasOtomotif, Selasa (22/12/2015) malam.

Menurut Rifat, berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mulai berlibur menggunakan kendaraan pribadi:

Selalu membuat journey plan. Maksudnya setiap perjalanan harus terencana dengan baik dalam mempersiapkan diri sendiri, rute hingga kendaraan yang akan digunakan.

Periksalah kendaraan sebelum melakukan perjalanan, seperti mengecek kondisi oli mesin, minyak rem, air radiator, fan belt, ban, dan tekanannya, serta kebutuhan lain yang bisa menunjang selama perjalanan.

Terakhir, pastikan bahwa diri sendiri dan kendaraan sudah siap melakukan perjalanan dalam kondisi apapun.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com