Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Servis Avanza Transmisi Manual?

Kompas.com - 23/12/2015, 11:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Biaya kepemilikan dan servis bisa menjadi salah satu pertimbangan orang untuk membeli mobil. Soal menimang biaya perawatan ini, konsumen akan memilih mana yang pas dengan kemampuannya.

KompasOtomotif menjadikan Toyota Grand New Avanza menjadi salah satu contoh. Model ini masih menjadi mobil terlaris di Indonesia, masuk di segmen low MPV dengan penjualan 15.000-an unit per bulan.

Setelah mengetahui biaya servis untuk tipe dengan transmisi otomatik [Baca: Merawat Grand New Avanza, Cukup Rp 222.000 per Bulan], kini akan dibahas tipe yang bertransmisi manual. Tipe ini lebih banyak peminat, baik untuk semua tipe Grand New Avanza maupun Veloz.

PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah mengklaim soal salah satu keunggulan yang ditawarkan saat membeli Toyota Grand New Avanza, yakni biaya kepemilikan cukup terjangkau, plus layanan dengan konsep Total Ownership Benefit.

Seperti yang diberikan pada model-model lain, TAM memberikan gratis biaya jasa servis sampai 50.000 km atau lima servis pertama. Pada jangka waktu ini, pada dasarnya konsumen hanya menyiapkan biaya ganti oli, ganti filter, gasket, dan keseimbangan ban, hanya Rp 373.000-an.

Bedanya, hanya pada servis ke-4 atau memasuki 40.000 km, ada penggantian komponen untuk mempertahankan performa kendaraan. Total biaya yang dibutuhkan pada tahap ini mencapai Rp 931.000-an.

Memasuki masa-masa di atas 50.000 km, konsumen sudah harus menanggung biaya jasa servis. Jika ditotal sampai 100.000 km atau sudah mencapai sekitar 3 tahun, konsumen wajib menyiapkan dana Rp 8 jutaan.

Jika dibagi lagi, pengguna Avanza terbaru tipe transmisi manual harus menyaipkan dana Rp 2,6 jutaan per tahun. Lebih detail lagi, biaya servis per bulan hanya perlu Rp 228.000-an. Sebagai catatan, ini rincian harga per Desember 2015 berdasarkan buku panduan servis berkala. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com