Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan Tahun Baru Bisa Jadi Mesin Pembunuh

Kompas.com - 22/12/2015, 17:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Seperti yang sudah-sudah, musim liburan panjang cukup berpotensi menambah jumlah kecelakaan lalu lintas, akibat semakin banyaknya orang yang keluar rumah untuk berlibur. Tak terkecuali musim libur Natal dan Tahun Baru 2016.

Mengacu dari data yang dihimpun Korlantas Polri, jumlah kecelakaan lalu lintas pada Operasi Lilin 2014 mencapai 1.632 kejadian. Angka ini turun 22 persen jika dibandingkan dengan penyelenggaraan Operasi Lilin pada 2013 yang ada di kisaran 2.100 kejadian.

Paling menakutkan tentu korban meninggal dunia. Tahun lalu, saat penyelenggaraan Operasi Lilin, 338 orang tewas di jalan raya. Sebenarnya jumlah itu turun 37 persen dari tahun 2013 dengan jumlah korban meninggal dunia di jalan raya yang mencapai 538 orang.

Artinya, jika melihat data tahun lalu, Operasi Lilin yang digelar selama 10 hari, rata-rata orang meninggal dunia di jalan raya adalah 33 orang per hari, atau dalam satu jam, lebih dari 1 orang tewas di jalan raya selama libur Natal dan Tahun Baru.

Korlantas Polri juga menghitung kerugian materiil yang diakibatkan kecelakaan lalu lintas selama Operasi Lilin 2014, yakni sekitar Rp 4,5 miliar. Jumlah itu turun 32 persen jika dibandingkan 2013 yang mencapai Rp 6,6 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com