Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Inspiratif Komunitas Motor Kumpulkan Rp 570 Juta

Kompas.com - 22/12/2015, 08:39 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kegiatan unik dan inspiratif terus ditunjukkan komunitas Bikers Brotherhood Motorcycle Club (BBMC) Indonesia. Terbaru, kumpulan pengguna sepeda motor tua terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara itu menggelar lelang buku edisi khusus, dan berhasil menggalang dana bernilai fantastis, Rp 570 juta.

Inilah salah satu kegiatan komunitas untuk mempertahankan lima azas dasar yang dianut, yakni Respect, Loyal, Honor, Pride, Brotherhood. Dengan lima azas itulah, BBMC hidup dan berkembang sejak 13 Juni 1988 hingga sekarang dengan ribuan anggotanya.

Buku yang dilelang adalah salah satu rekaman pemberontakan sosial yang dilakukan BBMC, disiratkan melalui buku ”Inside Loooking Out - Outside Looking in”, disusun oleh Chef Haryo Pramoe dan Dwi Aryo.

Melalui buku yang dibuat terbatas, pembaca akan dibawa untuk larut dalam memaknai kehidupan sebuah klub motor yang tumbuh dari kesetiaan, saling menghormati, dan saling menghargai dan mendidik anggotanya untuk bangga untuk dirinya sendiri serta patuh mengabdi kepada negeri.

Budi Dalton El Presidente BBMC Indonesia dalam acara lelang buku edisi terbatas di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (19/12/2015), mengatakan bahwa buku ”Inside Looking Out – Outside Looking In” adalah sebuah jendela yang membuka ruang pandang bagi persaudaraan klub di dalam dengan lingkar luar kehidupan masyarakat.

“Buku ini dibuat untuk memaknai arti persaudaraan sesungguhnya dari BBMC dengan tetap mengedepankan pilar-pilar kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dan menolak segala bentuk neokolonialisme yang sudah masuk ke sendi-sendi kehidupan masyarakat,” ucap Budi.

Hasil dari lelang buku ini akan mendanai program  Brotherhood for Indonesia melalui enam pilar kegiatannya yakni : Brotherhood Care (social), Brotherhood for Education (pendidikan), Brotherhood for Nature (lingkungan), Brotherhood for Indonesian Culture (budaya) Brotherhood Incorporated (pemberdayaan industry kreatif) dan Brotherhood for Indonesia Conduciv.

Dalam lelang buku tersebut, terkumpul dana sebesar Rp 570 juta yang didapatkan dari delapan buku. ”Jangan dilihat dari nilai materi yang saya berikan, namun ini adalah bentuk penghargaan untuk nilai-nilai persaudaraan dari BBMC yang telah mengajarkan saya selama ini,” kata Samuel, salah satu pemenang lelang yang berhasil memiliki tiga buku edisi terbatas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com