Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New Fortuner Meluncur, Harganya Sentuh Rp 1 Miliar

Kompas.com - 22/12/2015, 06:59 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Buenos Aires, KompasOtomotif – SUV yang sedang ditunggu di Indonesia, All-New Fortuner ternyata meluncur lebih dulu di Buenos Aires, Argentina. Infoauto.com.ar, mengabarkan, generasi baru SW4 –nama Fortuner di Argentina- meluncur pada Senin (22/12/2015).

Hanya ada satu pilihan mesin yang ditawarkan, yakni diesel 2.8L bertenaga 177 tk dan torsi 420 Nm. Terdapat dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Semua varian dibekali sistem penggerak semua roda.

Dimensi Fortuner memanjang 90 mm dari generasi sebelumnya menjadi 4,795 m, lebar 1,855 m, dan tinggi 1,825 m. Bodi yang muat hingga 7-penumpang dipasang pada wheelbase sepanjang 2,745 m.

Sorotan fitur pada Fortuner terbaru di Argentina di antaranya layar sentuh tujuh inci, enam speaker, automatic climate control, kamera parkir, lapisan interior kulit, lampu depan LED dengan ketinggian cahaya otomatis, daytime running light, sensor parkir, mode berkendara “Eco” dan “Power”, serta pelek 18 inci.

Selain itu Fortuner anyar juga dibekali fitur keselamatan, yaitu tujuh kantong udara, auto braking system (ABS) dengan electronic brakeforce distribution (EBD), brake assist (BA), traction control, vehicle stability control (VSC), trailer sway control (TSC), hill descent assist, dan hill start assist.

Diproduksi lokal

All-New Fonrtuner diproduksi di dalam negeri, tepatnya di pabrik Toyota di Zarate, Argentina. Model pengembangan platform International Multi-purpose ini dijual dua varian, SRX 4X4 manual seharga 883.400 peso (Rp 949,1 juta) dan SRX 4X4 otomatis 932.800 peso (Rp 1 miliar).

“Kami menutup tahun dalam bentuk spektakuler dari Toyota, dengan peluncuran. Tidak lebih dan tidak kurang dari model lain yang diproduksi di pabrik kita di Zarate, SW4 terbaru. Model ini seperti Hilux telah mendapatkan renovasi menyeluruh setelah 10 tahun memimpin segmen SUV menengah,” kata Juan Pablo Grain, Marketing Manager Toyota Argentina.

Toyota telah menginvestasikan dana 800 juta dollar Amerika Serikat (hampir Rp 11 triliun) agar pabrik Zarate bisa meningkatkan kapasitas produksi mencapai 140.000 unit per tahun, bertambah dari volume sebelumnya 92.000 unit per tahun. Generasi baru Hilux dan Fortuner masuk dalam strategi produksi jangka panjang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com