Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Pakai Pengacara GM buat Kawal “Dieselgate”

Kompas.com - 21/12/2015, 15:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Virginia, KompasOtomotif - Volkswagen merekrut Kenneth Feinberg, pengacara yang pernah membantu General Motors (GM) mengatasi masalah dana kompensasi dari recall berjuta-juta kendaraan karena saklar mesin yang rusak. Feinberg kini punya tugas baru, mengawal Volkswagen melewati masa penanggulangan atas “dieselgate”.

Feinberg bakal merancang dan membuat administrasi klaim konsumen pada mesin diesel TDI 2.0L dan 3.0L yang bermasalah. Dia dipercaya bekerja independen, adil, dan melancarkan proses klaim.

“Kami sangat senang mengumumkan Kenneth Feinberg. Pengalaman tingginya menangani hal kompleks akan membimbing kami terus berjalan melakukan hal yang benar dengan konsumen kami,” ujar Michael Horn, Presiden dan CEO Volkswagen Group of Amerika, seperti diberitakan Autoblog, Jumat (18/12/2015).

Nama Feinberg sebagai pengacara sudah tersohor di Amerika Serikat (AS). Sebelum GM, ia pernah menangani kasus tumpahan minyak di teluk Meksiko pada 2010 dan pengeboman Maraton Boston pada 2013.

Pada Oktober lalu, badan perlindungan lingkungan hidup AS, Environmental Protection Agency (EPA), mengungkap Volkswagen telah sengaja menyematkan perangkat lunak khusus yang bisa mengakali uji bahan bakar mesin dieselnya di AS. Volkswagen mengakui kesalahan itu dan sekarang dalam proses pemulihan segala bidang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com