Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waze Sekarang Bicara Bahasa Indonesia

Kompas.com - 17/12/2015, 12:57 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Aplikasi penunjuk jalan yang lagi "nge-hits" dimanfaatkan warga Jakarta, Waze, kini bisa bicara Bahasa Indonesia.

Inovasi baru pada voice prompt (navigasi suara) itu diluncurkan hari ini, Kamis (17/12/2015), ditujukan untuk lebih dari satu juta penggunanya di Ibu Kota dan memudahkan pengguna baru.

Waze semakin kental dengan Indonesia sebab suara yang dihasilkan adalah kata-kata ucapan dosen asal Bandung, Alva, dan pembawa berita dari Semarang, Septi.

“Indonesia bukanlah negara berbahasa Inggris, karena itu navigasi suara dalam Bahasa Indonesia akan sangat membantu,” ujar Christian Iskandar, Waze Global Champ pimpinan komunitas Waze yang mencetuskan ide navigasi suara Bahasa Indonesia, dalam keterangan resminya.

Ide membuat Waze bisa berbahasa Indonesia diakui sudah ada sejak lama dan ditunggu kehadirannya. Menurut Christian cara itu bisa membesarkan komunitas. Selain itu, penunjuk suara dalam bahasa yang dikenal bisa memudahkan pemakaian, sebab pengendara tidak harus selalu melihat gadget saat berkendara.

“Selain pemahaman yang lebih baik, navigasi suara lokal ini akan mendorong keamanan dalam berkendara – Anda tidak harus melihat layar ponsel selama berkendara apabila Anda dapat mendengar pengarahan dalam bahasa yang Anda inginkan. Misi kami adalah untuk membantu pengendara di seluruh dunia untuk fokus dalam berkendara,” ujar juru bicara dari Waze, Julie Mossler.

Bahasa Indonesia hanyalah salah beberapa navigasi suara yang baru-baru ini diperkenalkan Waze di seluruh dunia, Lainnya adalah bahasa Polandia, Latvia, dan Serbia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com