Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Kondisi “Shockbreaker” Motor

Kompas.com - 17/12/2015, 11:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Saat sistem peredam kejut sepeda motor rusak atau biasa disebut “mati” memang mengganggu.

Masalahnya bukan hanya mengubah performa kendaraan tapi juga memengaruhi kesehatan biker, misalnya terganggu karena pinggang sakit atau badan cepat pegal saat berkendara.

Nah, biar tidak berkelanjutan maka itu jangan terlalu lama menggunakan shockbreaker mati. Lantas bagaimana caranya tahu sudah rusak?

Nanang dari bengkel Gandhi Racing di Pamulang, Tangerang Selatan, berbagi tips ala bengkel buat mengecek kondisi shockbreaker. Ia mengatakan coba shockbreaker ditekan ke bawah, bila cepat kembali merenggang itu tandanya sudah rusak.

Cara itu bisa jadi sulit dilakukan sebab shockbreaker harus dicopot lebih dulu. Nah selain itu Nanang juga bilang ada cara lain, yaitu dirasakan saat sepeda motor dibawa melewati lobang atau polisi tidur. Jika ayunannya membal berkali-kali apalagi hingga ban mentok sepatbor berarti sudah harus diperiksa.

“Coba dilihat apakah bagian as-nya ada baretan halus. Itu artinya sil sobek atau bocor. Biasanya oli rembes dari situ, jadi daya pegasnya hilang,” kata Nanang, Rabu (16/12/2015).

Kecurigaan utama sil bocor karena sering shockbreaker sering kotor. Kotoran yang menempel erat pada as merusak sil karena aktivitas naik-turun. Kalau sudah begini harus direparasi atau diganti.

“Tapi mendingan langsung diganti karena kalau diperbaiki umurnya paling lama dua bulan. Biar ga cepat rusak, saat kotor habis hujan iseng-iseng saja langsung dilap. Intinya motor rajin mandi,” ujar Nanang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com