Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Merawat Grand New Avanza, Cukup Rp 222.000 per Bulan

Kompas.com - 15/12/2015, 16:34 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Salah satu keunggulan yang ditawarkan dalam membeli Toyota Grand New Avanza adalah biaya kepemilkan yang cukup terjangkau. Arti dari biaya kepemilikan memang beragam, mulai dari servis berkala, pajak tahunan sampai penggunaan bahan bakar.

Merunut dari hulu soal biaya kepemilikan All-New Avanza, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memberikan kemudahan kepada konsumen dengan konsep Total Best Customer Ownership Experience. Konsep ini adalah melakukan sinergi menyeluruh dalam pengembangan dan peningkatan produk, teknologi, serta layanan kepada pelanggan.

Toyota berupaya memberikan kepuasan teratas bagi para pelanggan, dengan menghadirkan layanan menyeluruh, yaitu melalui adanya layanan dan produk berkualitas tinggi, value for money, serta jaringan penjualan dan purna jual yang luas.

Meski demikian, para konsumen juga harus memiliki estimasi soal biaya kepemilikan mobil. Ini adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan serta membayar pajak tahunan. TAM sudah memberikan keringanan gratis biaya jasa service sampai dengan 50.000 km atau selama 4 tahun (mana yang tercapai terlebih dahulu).

Sedangkan estimasi biaya perawatan tersebut meliputi penggantian beberapa komponen yang wajib diganti dalam waktu dekat (fast moving). Komponen tersebut di antaranya oli (mesin, transmisi, dan gardan untuk gerak belakang), saringan (oli dan udara), serta rem (depan belakang).

KompasOtomotif akan membahas dari model Grand New Avanza dengan transmisi manual dengan perhitungan mencapai 100.000 kilometer pemakaian. Pada servis 10.000 sampai 30.000 kilometer, konsumen yang cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 373.820. Sementara di 40.000 km ada tambahan perawatan dengan total biaya mencapai Rp 931.820.

Memasuki 80.000 km biaya perawatan kembali berubah yakni sebesar Rp 1.895.570, mengingat ada beberapa komponen penting yang harus diganti, plus jasa servis. Sampai di 100.000 km biaya perawatan yang dikeluarkan Rp 1.215.070.

Data tersebut bila mengacu pada harga standar di buku panduan servis berkala. Bila ditotal sampai 100.000 km, konsumen hanya mengeluarkan uang Rp 8.025.950 saja. Bila dirata-rata 100.000 itu sama dengan 3 tahun, maka per bulan konsumen hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 222.943 untuk biaya perawatan. Cukup murah bukan. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com