Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaingan Shell Vs Petronas Makin ”Panas” di F1

Kompas.com - 07/12/2015, 16:27 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Autosport

Monza, KompasOtomotif – Petronas memastikan bakal terus ”memberikan perlawanan” terhadap Shell di area pemasok bahan bakar dan pelumas di ajang balap F1 musim 2016. Hal itu terkait dengan rivalitas antara Mercedes-Benz dan Ferrari yang semakin mengerucut.

Menurut autosport, (5/12/2015), Shell yang sudah bermitra dengan Ferrari sejak puluhan tahun silam mengklaim bahwa mereka menyumbang laju mesin Ferrari sebesar 25 persen pada 2015. Hal itu disamakan dengan setengah detik per lap, atau sekitar 30 detik rata-rata sepanjang balapan.

Klaim itu pun memantik reaksi dari bos Mercedes Motorsport Toto Wolff, yang menyatakan bahwa angka tersebut cukup menarik, namun kemungkinan tidak sesuai dengan kenyataan.

Tak mau kalah, Petronas, sebagai sponsor utama dan mitra teknis kunci Mercedes F1, sudah mengenalkan bahan bakar baru di sela GP Italia beberapa waktu lalu. Hal ini mencerminkan persaingan dengan Shell musim depan.

”Kami berusaha untuk bersaing dengan pendekatan teknik continue pada HPP (Mercedes High-Performance Powertrains), dan bergerak maju. Sejak F1 bergantung dengan kerjasama antara insinyur dan berbagai cairan, kami harus bergerak bersama,” kata Andrea Dolfi, Global Manufacturer Liaison and Motorsport Manager in Research and Technology Petronas.

Dolfi menegaskan bahwa F1 adalah balapan teknis, dan paling penting adalah hasil akhir trek. Ada kontribusi dari semua pihak. Dikatakan juga bahwa Petronas siap memperkenalkan kembali bahan bakar tingkat lanjut untuk menyesuaikan dengan teknologi terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Autosport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com