Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Mobil Listrik Nissan Terbaru, Melaju Lebih Jauh

Kompas.com - 07/12/2015, 09:27 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Yokohama, KompasOtomotif – Nissan mengonfirmasi soal rencana pengembangan mobil listrik terbaru yang diklaim bakal melaju sangat jauh. Mereka akan memadukan motor listrik dengan mesin kecil berbahan bakar minyak sebagai penambah jarak tempuh.

Komponen utamanya terdiri dari motor listrik, paket baterai, dan mesin bensin ber-cc kecil. Pada pengendaraan normal, motor listrik akan menggunakan tenaga yang tersimpan dari baterai untuk menggerakkan roda.

Namun saat baterai akan habis, mesin ber-cc kecil sebagai komponen penambah jarak akan menyala, memasok listrik, memberikan ”nafas tambahan” untuk mobil. Tidak ada koneksi langsung mesin kecil itu dengan roda, keberadaannya murni menjadi generator listrik.

Model yang belum ada namanya itu ternyata bukan dibangun dari Leaf. Nissan menyatakan bahwa teknologi ini tidak akan dipasangkan pada model hatchback. Bisa jadi, Nissan akan menerapkannya pada mobil dengan tampang baru.

Tidak perlu menunggu lama, itu karena Yoshi Shimoida, Deputy Manager Divisi Mobil Listrik Nissan mengatakan pada situs Australia, Motoring, beberapa waktu lalu bahwa teknologi ini akan dikenalkan tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com