Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota NAV1 Mendekati Ajal

Kompas.com - 04/12/2015, 07:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Singaraja, KompasOtomotif – Masa depan NAV1 tinggal di pelupuk mata. Keterangan baru dari salah satu sumber Toyota, Kamis (4/12/2015), mengungkap, penjualan MPV yang dirakit lokal oleh PT Sugity Creatives di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, itu tidak akan sampai generasi baru di Indonesia.

Target produksi NAV1 500 unit per bulan, namun kondisi penjualannya jauh dari angan-angan. Menurut data wholesales asosiasi kendaraan bermotor Indonesia, bahkan selama 10 bulan 2015 penjualan NAV1 belum bisa memenuhi target.

Hanya ada total 535 unit wholesales pada 2014. Sedangkan pada Januari – Oktober 2015, penjualannya cuma menyentuh 493 unit atau 49 unit per bulan.

Permintaan NAV1 semakin tidak memenuhi skala ekonomis produksi. Kondisinya sekarang volume produksi dikurangi hingga 100 unit per bulan.

“Tahun depan sudah ga dijual,” ujar sumber.

Bodi boxy, image Alphard versi murah, tertekan rentang harga All-New Innova (Rp 282 juta – Rp 423,8 juta), adalah sebagian alasan kenapa NAV1 kurang diminati. Toyota Indonesia sudah menyiapkan strategi pengganti, rencananya tahun depan ada empat model baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com