Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelek Lokal Ini Berhasil Tembus Standar Jepang

Kompas.com - 03/12/2015, 18:26 WIB


Karawang, KompasOtomotif - Siapa bilang komponen otomotif buatan lokal tidak berkualitas. Bagi mereka yang masing membanggakan merek-merek asing, coba tengok pelek buatan Karawang, Jawa Barat ini.

Chemco, adalah merek pelek yang diproduksi lokal dengan penguasaha lokal di bawah naungan PT Chemco Harapan Nusantara. Produsen pelek ini selama ini sudah memasok kebutuhan produsen merek-merek sepeda motor Jepang sebagai original equipment manufacturer (OEM), seperti Yamaha dan Kawasaki.

Berhasil menembus pemasok perakitan pabrik agen tunggal pemegang merek sepeda motor Indonesia, artinya kulitas pelek ini bukan sembarangan.

"Kami tidak diragukan lagi dalam menghasilkan produk yang berkualitas. Mulai dari proses awal sampai akhir dilakukan dengan fasilitas-fasilitas yang berteknologi tinggi. Tidak hanya sudah mengantongi SNI kami juga sudah diakui di Japan Light Alloy Whell (JWL)," ujar Gede Agus Prayajana, Plant Manager Cast Wheel Division CHN di Karawang, Kamis (3/12/2015).

Ghulam/Otomania Pabrik pembuatan pelek Chemco yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Menariknya, Chemco juga melirik pasar after-market, menawaran produk berkualitas OEM tetapi langsung bersentuhan ke konsumen (ritel). Beberapa pelek aftermarket untuk Yamaha Mio, X-Ride, Vxion, Jupiter MX, R25. Serta Honda Vario, CB 150, New MegaPro, Tiger, Kawasaki Ninja 250 FI, dan ER5 tersedia untuk konsumen.

Selain pasar lokal, Kawasaki juga mengandalkan pasokan Chemco untuk skutik yang diekspor ke Filipina.

Jacob Dario Sanjaya, pemilik Inti Jaya Motor, distributor tunggal aftermarket cast wheel Chemco mengatakan, dirinya ingin memperlihatkan standar kualitas dari pelek Chemco. Jadi masyarakat tidak perlu ragu ketika ingin memilih pelek racing yang bagus.

"Beberapa bulan lalu sempat heboh terkait masalah SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk produk aftermarket, jadi kami ingin menjawab keraguan tersebut. Lebih dari itu juga kualitas Chemco bisa dikatakan lebih baik dibanding produk impor," ujar Jacob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com