Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moge Touring Yamaha yang Cocok untuk Paspampres

Kompas.com - 02/12/2015, 15:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Yamaha FJR1300 sudah menjadi ikon sport-touring dunia. Pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada 2002, model ini terus berevolusi dan semakin banyak dicari. Beberapa tipe dipakai untuk mendukung tugas polisi di beberapa negara sebagai motor pengawalan.

Menyambut 2016, Yamaha memberi berbagai fitur baru yang semakin mendukung kenyamanan, baik pada model standar  (FJR1300A) maupun model dengan suspensi elektronik FJR1300ES. Mesin masih sama, mengandalkan tipe 1.298 cc 4-silinder segaris dengan shaft drive.

Perubahan signifikan itu adalah transmisi 6-percepatan kini dilengkapi dengan teknologi assist-slipper clutch yang membuat pemindahan gigi akan sangat ringan dan mulus, terutama saat menurunkan gigi. Semua rasio gir juga diubah, 1 dan 2 sedikit lebih tinggi, lalu 4 dan 5 dibuat sedikit lebih pendek.

asphaltandrubber Yamaha FJR1300 terbaru mendapat banyak perubahan fitur.
Lampu depan dan belakang kini pakai LED. Lampu sein juga canggih, dikontrol oleh inertial measurement unit (IMU). Komponen ini akan mendeteksi kemiringan sepeda motor lewat bank angle sensor untuk menyalakan lampu darurat jika terjadi kecelakaan.

Panel indikator diperbarui lebih ringan dipandang dengan cahaya yang bisa menyesuaikan dengan tingkat cahaya. Mode berkendara tetap ada, termasuk D-mode, pengatur kecepatan, kontrol traksi, ABS, pemanas setang, tameng angin dan setang yang bisa disetel. Khusus untuk tipe ES, suspensi bisa disetel dengan 84 tingkat.

FJR1300A dan FJR1300ES model 2016 ditawarkan dengan pilihan warna baru Cobalt Blue, mulai dijual Maret 2016. Harga akan dirilis sebulan sebelum peluncuran resmi.

Jika dilihat dari figur, ukuran, mesin, serta kemampuannya, sepeda motor ini cukup tangguh untuk disejajarkan dengan legenda Honda, Gold Wing, yang saat ini sudah menjadi andalan sebagai motor pengawalan presiden di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com