Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal KTM RC16 untuk MotoGP Tampak Menjanjikan

Kompas.com - 02/12/2015, 13:08 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Valencia, KompasOtomotif – Setelah ”turun gunung” untuk pertama kalinya di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, beberapa waktu lalu, KTM terus berimprovisasi dan memecut RC16 MotoGP agar lebih cepat. Mereka kembali rampung melakukan tes, kali ini di Valencia, Sabtu-Minggu (28-29 November 2015).

Test rider sebelumnya, si gaek Alex Hofmann, kini ditemani Mika Kallio mengitari sirkuit Ricardo Tormo puluhan lap. Misi mereka adalah terus mencari kelemahan sepeda motor dan memberi masukan serta data-data penting untuk melakukan perbaikan di berbagai sektor KTM RC16.

KTM tidak merilis catatan waktu, namun produsen sepeda motor asal Austria itu menyatakan bahwa sepeda motor berkembang sesuai dengan arah. Hofmann memberi data penting pada Sabtu, sementara Kallio yang pernah menunggangi Pramac Ducati pada 2010 mampu mendorong RC16 sampai limit.

Dalam siaran resmi, Mike Leitner, Manajer yang memimpin proyek kembalinya KTM ke MotoGP, menyatakan kegembiraannya dengan perkembangan yang diperoleh tim. Dikatakan bahwa KTM terus mengejar kesiapan untuk musim 2017, meski CEO Stefan Pierer pernah mengungkap keinginannya untuk tampil lebih cepat pada seri terakhir 2016 di Valencia.

KTM RC16 menggunakan mesin 90 derajat V4, dibungkus rangka trelis. Bocoran menyebut tenaganya mencapai 270 tk, menggunakan girboks seamless, dikembangkan bersama teknologi KTM X-Trac.

Masih banyak pekerjaan rumah untuk KTM, termasuk mencari rider yang pas untuk menunggangi sepeda motor baru. Tes selanjutnya akan dilakukan pada Februari 2016 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com