Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Sirkuit Sodegaura, Jepang

Ngebut di Sirkuit Naik Mobil Listrik Nissan

Kompas.com - 02/12/2015, 08:02 WIB
Chiba, KompasOtomotif - Leaf jadi satu-satunya ujung tombak Nissan untuk bermain di segmen mobil ramah lingkungan tanpa emisi. Mobil yang digerakkan motor listrik murni tersebut telah dikenalkan sejak 2010 dan berhasil terjual hampir 200.000 unit seluruh dunia.

Kendati berstatus "pahlawan lingkungan hidup" bukan berarti Leaf tidak bisa dipakai ngebut. Versi facelift yang baru saja diluncurkan saat Tokyo Motor Show 2015 itu, disediakan Nissan untuk dicoba oleh para media media di Sirkuit Sodegaura, Chiba, Jepang, Selasa (1/12/2015).

Mobil berkarakter hatchback yang digerakkan motor listrik tersebut memiliki tenaga 107 tk. Daya tersebut didapat dari baterai lithium-ion 30 kWh yang kini berukuran lebih kompak dari sebelumnya.

Kini saatnya menggeber Leaf di lintasan berjarak 2,4 km tersebut. Setelah melakukan penyesuaian posisi duduk, Leaf langsung diaktifkan hanya dengan menekan tombol start/stop di sebelah kiri setir. Meski suasana hening, namun mobil siap berakselerasi.

Sebelum melaju, tuas persnelling yang berada di konsol tengah diarahkan ke posisi D. Lalu tekan pedal gas dan mobil pun mulai berjalan.

KompasOtomotif - Aris F Harvenda Tuas persnelling Nissan Leaf ada di konsol tengah
Responsif

Begitu keluar pit, tanpa basa-basi pedal gas langsung dibejek. Spontan saja mobil bereaksi memberi akselerasi yang responsif. Reaksi tersebut tetap bertambah secara halus hingga mendapatkan kecepatan yang sepadan dengan bukaan gas.

Tekanan g-force tak terasa menyentak karena penambahan daya berlangsung secara simultan. Begitu pula saat deselerasi pengurangan kecepatan terasa cukup halus. Kecepatan berkurang secara bertahap sehingga awak redaksi tidak merasakan gaya dorong deselerasi (ke arah depan).

Stabil

Untuk stabilitas, hatchback kompak tersebut memiliki ketrampilan bermanuver. Tak sulit untuk menaklukan 8 tikungan dengan karakter berbeda. Mulai dari tikungan landai hingga berbentuk S kecil. Kecepatan rata-rata saat menikung 50 kpj.

Namun ujicoba kali ini dirasa kurang maksimal karena awak redaksi harus mengikuti mobil pemandu. Jadi tidak bisa mengembangkan kecepatan lebih. Tapi tak apa, karena mobil ini memang bukan untuk kebut-kebutan.

KompasOtomotif - Aris F Harvenda Nissan Leaf mantap dipakai ngebut dan cukup stabil
Kesimpulan

Kendati demikian dapat disimpulkan motor listrik yang dipakai Leaf bisa diajak ngebut. Bahkan asyik untuk dikendarai. Sayang model ini tak dijual di Indonesia, karena bakal keesulitan untuk pengisian ulang. Walaupun Leaf bisa diajak jalan 240 km dalam kondisi baterai penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com