Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelisik Kehadiran Toyota Fortuner Terbaru

Kompas.com - 01/12/2015, 17:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Satu persatu mobil-mobil yang dibangun dari platform Innovative Multipurpose Vehicle (IMV) Toyota muncul. Setelah pikap All-New Hilux, lalu diikuti Kijang Innova terbaru, satu lagi model yang akan menyusul, yakni Fortuner.

SUV pesaing Mitsubishi Pajero Sport dan Ford Everest itu meluncur perdana di Thailand beberapa waktu lalu, langsung disambut baik penggunanya di Negeri Gajah Putih. Bagaimana dengan Indonesia? Gambaran awalnya tahun depan, namun sudah cukup dekat.

Tanda-tandanya sudah ada, dengan persiapan pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang sudah ”menyisipkan” jalur produksi lewat investasi sebesar Rp 5 triliun. Cepat atau lambat, produksi segera dilakukan dengan memaksimalkan kandungan komponen lokal.

”Soal waktu peluncuran, harap bersabar. Masing-masing negara punya strategi berbeda. Kita juga punya model yang cukup banyak secara volume, seperti Avanza dan Kijang. Kami mengatur strategi dan prioritas agar produk-produk ini tidak berbenturan (peluncuran),” ujar Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, (28/11/2015).

Toyota memang masih menutup rapat waktu peluncurannya. Namun sebenarnya tak perlu ditutupi, toh tampangnya tak akan banyak berubah dari Fortuner yang meluncur di Bangkok. ”Soal tampang, masing-masing negara punya karakteristik. Nama bisa sama, tapi kelengkapan dan fitur bisa berbeda,” ucap Samulo.

Pengiriman dari ATPM ke dealer pun menurun drastis, terakhir Oktober 2015 tinggal 427 unit dibandingkan Agustus-September yang masih ada di level 1.000-an dan 900-an. Artinya, tidak akan banyak stok di dealer, karena suplai sudah mulai dikurangi.

Jadi, setidaknya, pada semester awal 2016, Toyota sudah mulai melakukan gimmick-gimmick penggoda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com