Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Africa Twin, Motor Petualang Murah Meriah

Kompas.com - 30/11/2015, 14:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Honda Africa Twin bisa menjadi salah satu model alternatif sepeda motor dengan bumbu adventure. Harganya lebih murah dibandingkan dengan para pesaing, meski sudah punya teknologi yang bisa diadu.

Sebelum diluncurkan ulang di Tokyo Motor Show dan EICMA, Africa Twin sudah dijual di Amerika Serikat. Model ini dibanderol 12.999 dollar AS (atau setara Rp 183 jutaan) untuk tipe transmisi manual. Sementara tipe yang menggunakan transmisi berkopling ganda atau dual clutch transmission (DCT) lebih tinggi, yakni 13.699 dollar AS (Rp 198 jutaan).

Harga itu tentu jauh lebih murah jika dibandingkan BMW R1200GS di Amerika yang dipatok sekitar 18.000-an dollar AS, atau sekitar Rp 250 jutaan. Harga pesaing lainnya dari Eropa lainnya memang di bawah BMW, namun tetap lebih mahal ketimbang CRF1000L Africa Twin.

Baru-baru ini, di Eropa, Africa Twin juga mulai diberi label harga. Di Inggris Raya, untuk tipe transmisi manual dipatok 10.499 poundsterling (Rp 218 jutaan) atau 200 poundsterling (Rp 4,1 jutaan) lebih murah ketimbang Suzuki V-Strom 1000 Desert. Atau, 4.000 poundsterling (Rp 83 jutaan) lebih murah keitmbang BMW R1200GS Adventure.

Sementara model dengan DCT di Inggris dijual 11.299 poundsterling atau setara Rp 234 jutaan. Tetap masih jauh lebih murah daripada para pesaing dari BMW, Triumph, atau Ducati.

Perbedaan harga yang cukup jauh itu tentu menjadi poin menarik, terutama untuk para petualang yang butuh sepeda motor dengan harga terjangkau.

Soal fitur, Africa Twin sudah cukup untuk disegani dengan ABS dan Honda Selectable Torque Control (atau kontrol traksi) sebagai fitur standar untuk semua tipe. ABS dan kontrol traksi bisa dimatikan untuk mendapat sensasi off-road sesungguhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com