Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan Tanpa Awak Sekelas "Formula" DigelarTahun Depan

Kompas.com - 29/11/2015, 15:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tahun depan balapan khusus mobil otonomos akan resmi digelar. Balapan ini disebut Roborace yang dibuat bertujuan memacu pengembangan teknologi otonomos dunia.

Jadwal balapan pertama bakal berlangsung akhir 2016, penyelenggaraannya berbarengan dengan balap khusus mobil listrik, Formula E. Trek yang digunakan juga sama.

Roborace rencananya melibatkan 10 tim dengan masing-masing dua mobil.

“Roborace adalah tantangan terbuka untuk ilmu pengetahuan paling inovatif dan fokus teknologi buat perusahaan di seluruh dunia. Sangat menyenangkan menciptakan platform untuk mereka atas apa yang mereka bisa lakukan, dan saya percaya ada potensi besar untuk kita mengemukakan ide besar berikutnya lewat panggung kontes unik,” ujar CEO Formula E Alejandro Agag, seperti diberitakan Autocar, Jumat (27/11/2015).

Formula E musim 2015-2016 telah dimulai pada Oktober lalu di Beijing. Seri berikutnya bakal digelar di Urugay pada 19 Desember lalu di Argentina, Mexico, Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Rusia, dan berakhir di Inggris pada 3 Juli 2016.

Belum ada penjelasan tentang kondisi balap, namun sesuai teknologi yang diusung kemungkinan mobil tidak butuh pebalap di kabin. Detail tentang balapan otonomos akan diungkap awal 2016.  Siap-siap, masa depan ada di pelupuk mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com