Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Audio Bertaraf Eropa Bergulir di Indonesia

Kompas.com - 26/11/2015, 17:17 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Kompetisi adu modifikasi audio standar regulasi European Mobile Media Association (EMMA), EMMA Asia Final 2015, resmi digelar di Indonesia pada 25-26 November 2015. Lokasi penyelenggaraan di Living World, Alam Sutera, Tangerang, dipadati hampir 100 mobil yang siap dinilai 11 juri asal Asia dan Eropa bertaraf internasional.

EMMA Indonesia Community (EIC) selaku penyelenggara menjelaskan, hari pertama digelar khusus untuk kategori lomba ESQL Advanced, ESQL Master, Multimedia, SQ Experienced, SQ Advanced, SQ Master, dan SQ Expert.

Gunawan EMMA Asia Final 2015 diikuti 96 peserta, setiap mobil dinilai juri bertaraf internasional.
Jumlah peserta 42 mobil dengan sistem penjurian terpusat. Artinya, hasil penjurian akan dibawa ke lokasi final di Thailand untuk diadu dengan negara penyelenggara EMMA Asia Final lainnya, yaitu Jepang, China, Filipina, dan Thailand.

Metode ini sudah dilakukan sejak EMMA Asia Final diselenggarakan pertama kali pada 2010, penjurian final dilakukan di negara tuan rumah. Tahun ini di Indonesia, semua mobil dinilai sembilan juri dari bersertifikat EMMA.

Hari kedua kategori nasional, penjurian dan pengumuman pemenang dilakukan pada hari yang sama. Kategori yang dilomabakan adalah Pure Sound yang terdiri dari empat kelas berdasarkan budget, yakni 2.000 euro, 4.000 euro, 6.000 euro, dan Unlimited.

Kategori ini diikuti 54 mobil dan dinilai oleh empat juri Eropa dan empat juri Asia. Kelas ini hanya ditujukan untuk kompetisi lokal antarpeserta Indonesia.

Ketua EIC, Sugeng Adhi Taslim, Kamis (26/11/2015), menjelaskan, EMMA memiliki daftar harga komponen audio yang berlaku internasional. Jadi pemilihan kelas oleh peserta bisa terkalibrasi.

Somkiat Pookayaporn, Asia Representative EMMA, mengatakan, alasan EMMA Asia Final sebagai wakil kompetisi audio di Asia digelar adalah untuk menunjukkan seberapa hebat kawasan Asia dalam hal audio.

“Indonesia adalah salah satu negara penting. Sebab, bahkan sebelum EMMA Asia Final dimulai, Indonesia telah memproduksi dan mengekspor komponen audio. EMMA Asia Final seharusnya tidak bisa tanpa Indonesia dalam alasan apa pun,” ungkap Somkiat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com