Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Indonesia "Jualan Inden"

Kompas.com - 26/11/2015, 13:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lexus Indonesia mengaku permintaan sedang tinggi tahun ini, tapi masalahnya performa bagus itu tidak didukung suplai unit dari prinsipal. Untungnya, pembeli tetap berdatangan walaupun harus menunggu sampai tujuh bulan hingga unit dikirim ke rumah.

“Produk kita itu rebutan banget seluruh dunia, NX sama RX. Kita baru tersuplainya di quarter keempat tahun ini. Misalnya, beli RX pada November baru dapatnya Mei 2016. NX juga sama tapi membaik karena suplainya lebih banyak,” ujar General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja, di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Adrian mengatakan model-model yang dijual adalah produk global tapi distribusinya tetap satu pintu, dari Jepang ke seluruh dunia. Persaingan minta unit untuk Indonesia bersaing dengan banyak pasar Lexus di dunia.

Kendala lain yang diungkap Adrian adalah level kualitas produksi model Lexus. Ada beberapa bagian yang masih dibuat dengan tangan, jadi meski hasilnya lebih bagus tapi kecepatan produksinya terbatas. 

“Inilah orang Jepang, mereka tidak mau engineering itu diganggu sama marketing,” kata Adrian.

Lexus Indonesia saat ini sedang mengantongi total 250 pesanan unit. Distribusinya bakal terlaksana tahun depan, paling cepat Februari 2016 unit sampai.

“Tahun ini udah ga dapet, masalah kita hanya diblok suplai. Jualan inden kita nih,” papar Adrian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com