Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancaman Serius Husqvarna di Reli Dakkar 2016

Kompas.com - 25/11/2015, 16:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stockholm, KompasOtomotif – Kejuaraan reli paling ganas di dunia, Dakkar Rally, siap digelar awal tahun depan. Husqvarna sebagai penantang baru mulai menebar ancaman dengan menggaet pebalap-pebalap berpengalaman. Merek asal Swedia yang sudah dibeli KTM itu pun menyatakan siap menantang merek-merek juara.

Nama resmi tim adalah Husqvarna Husqvarna Factory Racing Rally Team, yang akan digawangi pebalap senior Ruben Faria, asal Portugal, yang sudah merasakan ganasnya debu dan batu rally belasan tahun. Dirinya akan didamping juara dua kali Enduro Pierre-Alexandre Renet dari Perancis, dan peraih juara stage tahun lalu Pablo Quintanilla asal Chile.

Target mereka tak muluk, hanya mematok hasil podium pada balap ikonik tersebut. Tim akan mulai mengenalkan sepeda motor mereka, Husqvarna FR450 yang diasumsikan sebagai versi lain dari KTM 450 Rally. Sejumlah teknologi akan mirip, dan tentu saja akan menjadi penantang serius untuk tim merek lain.

husqvarna Tiga pebalap berpengalaman besut Husqvarna FR450.
Selama ini, KTM sangat mendominasi balap legendaris itu, dan diharapkan Husqvarna paling tidak mampu menempel ketat dan mengganggu Honda atau Yamaha yang juga haus kemenangan.

”Kami memang punya struktur baru, tapi tujuannya tetap sama. Saya ingin bertarung untuk podium final. Strateginya, langsung mengincar waktu baik pada balap-balap awal dan menyerang pada minggu kedua. Secara psikis saya sudah lebih baik dengan tim yang kuat,” ujar Ruben Faria.

Ajang balap ini mulai digeber pada 3 Januari hingga 16 Januari 2016 mendatang, melibas rute yang melalui dua negara, yakni Argentina dan Bolivia, Amerika Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com