Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kijang Innova Baru Semakin Terasa "Lokal"

Kompas.com - 25/11/2015, 16:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Perubahan pada All-New Kijang Innova bukan hanya pada desain tapi juga proses produksinya. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah mengungkap butuh Rp 5 triliun investasi untuk memodernisasi pabrik Karawang Plant I di Karawang, Jawa Barat, yang selama ini merakit Kijang Innova.

Pembaruan itu termasuk penambahan 80 robot baru untuk mendukung proses otomatisasi. Selain untuk akurasi, durabilitas, dan meningkatkan kualitas, perubahan fasilitas pabrik mengikuti desain Innova yang berubah total. Dikatakan, transformasi All-New Innova sampai 95 persen dari generasi sebelumnya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Produksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat.
Selain itu, TMMIN juga mengatakan menambah jumlah pemasok komponen untuk memproduksi Innova. Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden TMMIN, menjelaskan, jumlah pemasok komponen bertambah menjadi 123 perusahaan.

“Jadi ada tambahan 16 suplier baru. Kalau yang murni Indonesia ada 20 pemasok, seperti resin, injeksi, dan press part. Mereka semua tier 1,” kata Warih saat peluncuran All-New Innova, di Jakarta, Senin (23/4/2015).

Total konten lokal Innova baru mencapai 85 persen, meningkat jauh dari kadar 18 persen milik generasi Kijang pertama yang diproduksi pada 1977.

Kapasitas Karawang Plant I mencapai 130.000 unit per bulan untuk Innova dan Fortuner. Volume produksi All-New Innova hingga 60.000 unit per tahun, 18.000 unit dari itu ditujukan buat pasar ekspor sedangkan sisanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com