Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sienta Jadi "Warga Negara Indonesia"?

Kompas.com - 25/11/2015, 13:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif — Toyota Astra Motor (TAM) rencananya bukan hanya menjual Sienta, tetapi juga membuatnya diproduksi di Indonesia. Kabar ini tersirat dari beberapa narasumber Toyota, Selasa (24/11/2015). Kesimpulannya, tahun depan, strategi Toyota di Indonesia banyak berubah.

Acuannya ada pada mulai beroperasinya pabrik Karawang Plant III milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di kawasan industri Karawang, Jawa Barat, pada semester pertama 2016. Pabrik baru ini adalah bagian investasi Rp 13 triliun mereka. Ground breaking-nya sudah dilakukan sejak Februari 2014.

Di Karawang Plant III, TMMIN akan memproduksi mesin, salah satunya generasi baru berkapasitas 1.5L. Setelah aktivitas produksi dimulai, suplai mesin ditujukan untuk ekspor dan juga domestik.

Rencananya, mesin itu bakal disematkan di Sienta yang nantinya diproduksi di Indonesia. Saat ini, MPV dengan pintu geser itu masih diproduksi di pabrik Toyota di Ohira Miyagi, Jepang, dan dijual khusus JDM (Japanese domestic market).

Sienta akan jadi MPV keempat bermerek Toyota yang dilahirkan di Indonesia, setelah Innova (diproduksi TMMIN), Avanza (diproduksi Astra Daihatsu Motor), dan NAV1 (diproduksi PT Sugity Creatives).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com