Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklim Investasi Otomotif Indonesia Harus Dijaga

Kompas.com - 25/11/2015, 07:43 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Karawang, KompasOtomotif
– Potensi besar otomotif Indonesia telah berhasil menyedot investasi besar dalam beberapa tahun terakhir. Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan perkembangan ini mesti dijaga untuk menguatkan perekonomian bangsa.

“Tingginya minat pada Indonesia dan semakin meningkatnya permintaan kendaraan menandakan iklim investasi sudah meningkat,” ujar Saleh saat mengunjungi perayaan produksi massal All-New Kijang Innova di Pabrik Karawang I milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Jawa Barat, Selasa (24/11/2015).

Saleh mengapresiasi TMMIN yang memiliki pabrik berskala global. Volume produksi 5.000 unit (1.500 dari itu ekspor) per bulan untuk Innova baru diharapkan tidak hanya meningkatkan pangsa pasar Toyota di dalam negeri tapi juga ekpsor.

Febri Ardani/KompasOtomotif Menteri Perindustrian Saleh Husin saat mengunjungi pabrik Karawang I milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/11/2015).

“Pasar ekspor harus terus dikembangkan. Selain memperkecil defisit negara juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Selain itu penting untuk mengembalikan investasi,” lanjut Saleh.

Tingkat kandungan lokal Innova baru telah mencapai 85 persen, melambung jauh dari generasi pertama Kijang yang diproduksi pada 1977 yaitu 18 persen. Meninggikan jumlah pemasok komponen lokal seperti itu juga dikatakan bisa memberikan kontribusi besar untuk ekonomi dalam negeri.

“Kami harap paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan pemerintah akan meningkatkan iklim usaha. Meningkatkan kepercayaan investor untuk masuk ke Indonesia,” papar Saleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com