Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Tantang Mobil Hidrogen Toyota dan Honda

Kompas.com - 23/11/2015, 07:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Mobil fuel cell hidrogen Toyota Mirai dan Honda FCV Clarity tidak lama lagi punya saingan dari Jerman bermerek Mercedes-Benz. Pengembangan model beremisi air itu dikatakan sudah on track dan siap diproduksi dalam dua tahun.  

Bos riset dan pengembangan Mercedes-Benz Thomas Weber mengungkap kepada Autocar pekan lalu, perusahaannya telah selesai membuat parameter pengembangan teknologi fuel cell hidrogen. Produk pertama bakal diperkenalkan pada 2017.

Dari kabar yang beredar, model fuel cell komersial pertama Mercedes-Benz adalah keluarga SUV baru, GLC. Rencananya debut dunia purwarupa akan berlangsung pada Frankfurt Motor Show 2017, kemudian versi produksi mulai dijual tahun berikutnya.

“Kami menargetkan kombinasi fuel cell dan baterai sampai 600 km, sekaligus proses isi ulang tangki hidrogen selama tiga menit,” ujar Weber.

Meski keduluan dua merek asal Jepang, “GLC F-Cell” bisa jadi model model fuel cell hidrogen pertama asal Jerman. Sebelumnya BMW mengatakan bakal melahirkan model sejenis pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com