Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Penguasa Pasar di Kalteng dan Kalsel

Kompas.com - 22/11/2015, 08:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Banjarmasin, KompasOtomotif – Kinerja Yamaha di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) masih menguasai pasar di tengah kondisi yang kurang menguntungkan.

Saat perekonomian tak stabil plus efek kabut asap, PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) sebagai main dealer Yamaha di Kalsel dan Kalteng tetap bertahan dengan pangsa pasar 49 persen.

Tahun lalu, pasar sepeda motor di Kalsel dan Kalteng mencapai 12.000-an unit. Tapi jumlah itu melorot tahun ini menjadi rata-rata 9.000-an unit per bulan. Dipukul lagi dengan kabut asap, pasar sepeda motor kembali anjlok di 8.000-an unit.

”Kami berhasil meraih pangsa pasar 49 persen (dari pasar Kalsel dan Kalteng 8.000-an unit), atau sekitar 4.000-an unit. Jenis matik masih dominan dengan 60 persen, diikuti sport 27 persen, dan sisanya bebek,” kata Stefanus Harry, Manajer Cabang STSJ Banjarmasin, Sabtu (21/11/2015).

”Sport” Absolut
Dari 27 persen sepeda motor sport, 66 persennya adalah new V-ixion Advance. Jumlah itu juga membuat sepeda motor 150 cc itu menjadi ”barang favorit” di Kalsel dan Kalteng. Menurut Harry, penerimaan masyarakat atas V-ixion itu karena kondisi geografis.

”Kalau di wilayah pinggiran, V-ixion mendukung pekerjaan sehari-hari. Rata-rata mereka bekerja menggunakan sepeda motor 40-50 km, menjelajah kebun-kebun kelapa sawit dan batu bara. Keluar masuk camp (pertambangan) juga oke,” ujar Harry.

Harry meyakini, tren penguasaan pasar Yamaha di wilayah operasinya itu akan berlanjut seiring dengan kepercayaan masyarakat yang masih tinggi. Hal itu ditambah dengan model-model yang sangat diterima, tak terkecuali skutik bongor NMAX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com