Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Keenakan Pencet Tombol ”Starter” Motor

Kompas.com - 20/11/2015, 12:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hadirnya starter elektrik benar-benar mengubah kebiasaan orang jadi malas mengengkol. Sekali pencet, sepeda motor langsung menyala tanpa harus membakar kalori. Tapi tahukah Anda, menyalakan sepeda motor—terutama pagi hari—menggunakan starter elektrik berpotensi bikin aki cepat soak?

Kenyataan itulah yang kini sering dihadapi pengguna sepeda motor, terutama pemakai skutik. ”Posisi mesin ada di kiri belakang, sedangkan untuk menyalakannya, orang biasa memegang (handel) gas. Jarak yang jauh antara starter engkol dan setang ini membuat orang malas,” kata Muhammad Robiansyah, mekanik AHASS Bintang Motor Buaran, Jakarta Timur, Senin (16/11/2015).

Menurut Robi, kebiasaan malas ini ternyata menjadi faktor terbesar aki cepat soak. Tidak cuma untuk pengguna skutik, tetapi juga jenis sepeda motor lainnya. Untuk sepeda motor injeksi, biasanya ada tanda kedipan lampu malfungsi (Malfunction Indicator Lamp/ MIL). Tiap merek beda kedipan.

Tegangan
Apa hubungan starter elektrik dengan aki soak? Robi mengatakan bahwa tegangan awal baterai atau aki adalah 12,35 volt. Jika pagi digunakan untuk starter elektrik, tegangan drop sampai 9 volt, lalu mengambil listrik cadangan pengisian. Usaha untuk menyalakan mesin cukup berat buat aki.

”Beda kalau diengkol. Mesin menyala, lalu dipakai. Lalu menyalakan kembali, tegangan tidak turun drastis dan menguras cadangan pengisian karena hanya butuh 10,5 hingga 11 volt. Kalau rutin dilakukan, sudah pasti aki lebih awet," kata Robi.

Saat aki sudah drop, sepeda motor injeksi sebenarnya masih bisa dinyalakan dengan mengengkol. Namun, sangat disarankan segera ganti aki, karena kinerja injektor tanpa sokongan listrik dari aku akan membuat kumparan generator bekerja lebih berat dan berpotensi panas/ rusak.

Usia aki normal adalah dua hingga tiga tahun. Tapi dengan kebiasaan yang salah, apalagi setiap pagi menggunakan starter elektrik, aki bisa soak hanya dalam waktu tak sampai setahun, atau maksimal 1,5 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com