Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Indonesia Pasti Gandeng ATPM Motor

Kompas.com - 20/11/2015, 09:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Peran utama dalam pelaksanaan MotoGP Indonesia di 2017, yakni pemerintah dan pengelola Sirkuit Internasional Sentul. Tapi, pihak lain termasuk para pabrikan sepeda motor diharapkan bisa ikut andil melancarkan balapan MotoGP Indonesia.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Direktur Sirkuit Internasional Sentul Tinton Soeprapto usai Press Conference di kantor Dewan Pertimbangan Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (19/11/2015) lalu.

“Kami mohon pabrikan-pabrikan sepeda motor juga untuk ikut berperan dalam pembangunan ini, jangan mereka senang, tapi suatu saat kita jadi tukang sapunya, karena untuk membuat lancar butuh kemitraan yang professional, jadi jangan dibebankan terlalu banyak kepada pemerintah,” ujar Tinton.

YAMAHA Finson Racing Team berpose dengan motor YZF-R25 di Sirkuit Sentul, Sabtu (6/6/2015).

Bantuan yang bisa diberikan oleh pabrikan sepeda motor, lanjut Tinton, bisa berupa apa saja. Intinya, Tinton menginginkan produsen ikut campur tangan, karena secara populasi, Indonesia merupakan negara pengguna sepeda motor terbesar di dunia.

“Produk sepeda motor yang paling unggul di sini (Indonesia), yakni Satu Hati (Honda) dan Yamaha. Masa kedua pabrikan itu tidak bisa memberikan bantuan,” ucap Tinton.

Sebagai salah satu negara tuan rumah MotoGP musim 2017, Indonesia harus memiliki dana yang cukup besar. Biaya renovasi Sirkuit Sentul Rp 200 miliar dan membayar promotor 7 juta euro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com