Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Konsep Moge Retro-Modern Honda

Kompas.com - 19/11/2015, 16:11 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Milan, KompasOtomotif – Honda terus mendalami keinginan konsumen tentang sepeda motor sport. Selain mengusung tunggangan terbaru, mereka juga menyodorkan dua konsep yang lebih punya nafas vintage di EICMA, Milan, 18-22 November 2015. Mereka adalah CB Six50 dan CB4.

Keduanya dibangun dari CB650F dan CBR650F, didesain oleh pusat riset dan pengembangan (R&D) Honda Eropa. Tidak ada keterangan yang bisa digali, hanya konsep yang dipajang dan tentunya meminta pendapat pengunjung untuk diputuskan segera diproduksi atau tenggelam.

motorcycle Honda CB 4 Concept, dibangun dari CB650F.
CB4

Konsep pertama adalah CB4, menggunakan mesin 649 cc 4-silinder segaris . Model ini tampak modern dengan tangki yang simpel tapi punya kesan bertotot. Juluran empat leher knalpot disederhanakan menjadi dua lubang besar-besar di samping kanan.

Rangka utama dan rangka pendukung identik dengan CB650F, begitu juga dengan pijakan kaki. Ciri khas yang bisa dikenali dari model ini adalah penggunaan sepasang corong udara (air scoop) dan pelindung radiator terbuat dari karbon fiber.

Secara keseluruhan bodi lebih bersih, termasuk setang yang menggunakan spion bulat vintage. Jok tampak pendek dan menggantung. Lengan ayun tunggal melengkapi kesan modern-retro yang dimiliki CB4.

motorcycle Honda CB Six50 yang punya tampang scrambler tapi ada sentuhan modern.
CB Six50

Kalau yang ini, Honda lebih mengedepankan konsep Scrambler yang kini sedang tren. Basisnya masih sama, CB650F atau CBR650F. Dari desainnya, sepeda motor ini tampak lebih ”liar”, dilengkapi berbagai komponen yang mendukung penjelajahan di luar aspal.

Misalnya, kombinasi ban ”tahu” dan pelek jari-jari, knalpot yang mendongak, hingga pelindung mesin. Ground clearance juga lebih tinggi. Menariknya, jika para kompetitor cukup bangga dengan scrambler retro, Honda berhasil mengangkatnya lebih modern.

motorcycle Honda CB Six50.
Hal itu dapat dilihat dari pemilihan desain lampu kotak yang futuristik, pakai LED. Tampangnya minimalis tapi modern, dilihat dari tangki yang simpel, berikut setang yang tinggi.

Belum ada rencana Honda memproduksi dua konsep ini. Tapi yang jelas, keduanya berhasil membuka mata bahwa retro tak harus kuno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com