Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Tantang Toyota Prius dengan Niro Hibrida

Kompas.com - 17/11/2015, 13:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – Kia bersiap masuk ke pasar mobil hibrida dengan model baru crossover Niro. Dalam keterangan resminya, Senin (16/11/2015), merek asal Korea Selatan (Korsel) itu mengatakan Niro adalah model global yang akan diperkenalkan tahun depan.

Konsep Niro sebenarnya sudah mendebut pada 2013, namun kini keputusan produksi sudah dapat “lampu hijau”. Kia juga merilis foto penggoda berikut sekilas spesifikasi teknis tentang crossover hibrida ini.

Kia Kia Niro Hibrida.
Niro dibekali mesin 1.6L tipe Kappa milik Hyundai plus motor listrik 32 kW dengan baterai 1,56 kWh. Tidak ada keterangan besar tenaga kombinasi, namun dikatakan mesin konvensional bertenaga 103 tk dan torsi 147 Nm. Tenaga itu disalurkan transmisi kopling ganda 6-percepatan.

Pengembangan Niro dilakukan terisolasi dari model Kia lainnya. Kia menjelaskan Niro dirancang menggunakan platform baru yang didedikasikan khusus untuk model hibrida. Di masa depan Kia juga menyiapkan versi hibrida plug-in.

Di pasar global, Niro bakal menantang dominasi Toyota Prius. Meski beda segmen, Niro dan Prius berebut pasar mobil alternatif yang ramah lingkungan.

Setelah diperkenalkan, Niro akan dijual di Korsel lebih dulu, lantas produksi massal untuk pasar luar negeri bakal dimulai akhir 2016. Niro diproduksi di pabrik Hwasung, Korsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com