Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Mobil Paling Keren di SEMA 2015

Kompas.com - 16/11/2015, 09:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Las Vegas, KompasOtomotif
Jika ingin mencari inspirasi modifikasi kendaraan, ajang SEMA (Specialty Equipment Market Association) sangat tepat jadi acuan. Tahun ini SEMA yang digelar 3 - 6 November 2015 menciptakan rekor dengan menampilkan nyaris 3.000 produk. Sepuluh di antaranya punya penampilan paling keren, berikut daftarnya.

1. Honda HR-V
Mobil ini keren bukan karena dipajang di booth Honda dan ditampilkan atas nama rumah modifikasi asal California, Tjin Edition. Tapi eksterior bodi crossover medium Honda ini dirancang anak bangsa, Signal Kustom.

Kit bodi yang terdiri dari bemper depan, lampu kabut LED, DRL, gril, front lips, side skirts, bemper belakang, tail lamp, diffuser belakang, serta flare fender, dijual. Detail lebih lanjut bisa dipantau di situs resmi tjinxsignal.com.

Car and Driver Hyundai Hyundai Veloster Turbo R-Spec kreasi Blood Type Racing buat SEMA 2015.
2. Hyundai Veloster Turbo R-Spec
Model garapan Blood Type Racing sanggup bikin geleng kepala. Nuansa magis bersemayam di bawah kap mesin, sebab mesin standar 1.6L plus turbo bisa diolah hingga mengeluarkan 500 tk. Tenaga itu dua kali lebih besar dibanding kemampuan asli tipe R-Spec 201 tk.

Superstreetonline Hyundai Tucson diolah Bisimoto hingga memiliki lebih dari 700 tk.
3. Hyundai Tucson Bisimoto
Hyundai Veloster Turbo tidak dipasarkan di Indonesia, tapi Tucson iya. Sentuhan Bisimoto membuat crossover ini semakin bertenaga. Wajah dengan gril terbuka sudah jelas menunjukan mobil ini butuh asupan udara lebih banyak.

Tuscon menggunakan mesin 2.4L yang sanggup memancarkan 700 tk. Dapur pacu yang serupa juga digunakan Bisimoto pada sedan Sonata untuk SEMA 2015.

Car and Driver Hyundai Tucson Adventuremobile SEMA 2015
4. Hyundai Tucson Adventurermobile
Tenaga bukan segalanya. Di tangan John Pangilinan dosis modifikasi yang ditambah pada Hyundai Tucson bukan performa tapi jiwa petualang. Konsep perubahan rekreasional, mengangkat lebih jauh kemampuan SUV Tucson.

Adventuremobile dibekali banyak perlengkapan aktivitas luar ruang, seperti panel surya untuk sumber energi dan tenda di atas atap untuk tempat menginap.

Top Gear Toyota Mirai edisi "Back To The Future" oleh MV Designz.
5. Toyota Mirai "Back To The Future"
Di SEMA, bahkan mobil fuel cell hidrogen Toyota, Mirai, tidak luput dari kreativitas. Konsepnya mengubah sedan ini menjadi "mesin waktu" yang bisa membuat mata menoleh selama dipamerkan. 

Bodi asli empat pintu telah dikonversi menjadi dua pintu gullwing. Pelek 19 bisa terlihat "celup" sebab menggunakan suspensi udara.

Top Gear Mazda Speedster tanpa atap dan kaca depan.
6. Mazda Speedster 
Generasi terbaru roadster paling laris di dunia, MX-5, sudah meluncur pertengahan tahun ini. Kali ini khusus untuk SEMA, Mazda memperkenalkan versi bodi MX-5 yang lain, Speedster.

Beda paling mencolok, Speedster tidak punya atap dan kaca depan. Dengan desain itu ditambah pemakaian material serat karbon, model ini lebih ringan 113 kg dibanding model biasa.

Car and Driver Kia Forte Koup Mud Bogger concept
7. Kia Forte Mud Bogger
DimensiKia Forte hanya sedikit lebih besar dari Rio yang kita kenal di Indonesia. Forte aslinya mobil kota, tapi di SEMA, Kia memutuskan tidak seperti itu.

Konsep ini bernama Mud Bogger. Alasan utama kenapa menggunakan ban tipe kasar dan bergaya off-road, agar Forte tidak takut main kotor. Fungsinya mirip ATV (all-terrain vehicle) yang sering diandalkan untuk lingkungan tidak manja.

Top Gear Kia Safari Sedona.
8. Kia Carnival pikap kabin ganda
SEMA selalu jadi tempat yang pas untuk ide-ide liar. Sedona (Carnival) sejatinya adalah MPV keluarga yang sanggup mengangkut sampai 8 penumpang, tapi modifikasi dengan nama Safari Sedona yang satu ini jauh dari gambaran asli.

Pilar D dipotong hingga terbentuk bodi pikap. Metode itu hanya salah satu cara menjadikan Sedona alat pekerja luar ruang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com