Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Bisnis dari Fleksibilitas Daihatsu Gran Max

Kompas.com - 15/11/2015, 16:14 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Bekasi, KompasOtomotif - 20 unit Daihatsu Gran Max Moko (Mobil Toko) berjajar di area parkir Mega Mall Bekasi, Minggu (15/11/2015). Mereka berpartisipasi dalam Festival Kuliner Nusantara, menyajikan berbagai makanan dan minuman menggugah rasa.

Keterlibatan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam agenda ini dikatakan Rudy Ardiman, Division Head Corporate Planning ADM untuk memberi inspirasi bisnis dengan segala kelebihan yang dimiliki Daihatsu Gran Max sebagai mobil serba guna.

"Kami berharap acara ini memberi inspirasi pengguna dan calon pengguna, khususnya para pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk menggunakan Gran Max sebagai sahabat bisnis. Banyak keuntungan dan kemudahan saat berbisnis dengan mobil ini," ujar Rudy, ditemui di sela-sela acara.

Gran Max Moko adalah modifikasi dari Gran Max standar yang berfungsi mirip toko. Biasanya, ada dua tipe Gran Max yang bisa dijadikan usaha, yakni pikap dan minibus blind van. Mesin 1.300 cc DOHC dan 1.500. Cc DOHC VVTi diklaim irit dan bertenaga.

Desain bodi semibonet membuatnya memiliki aerodinamika yang baik untuk menambah irit bahan bakar. Sementara itu desain bodi monokok, membuat kendaraan ini kokoh dan aman.

Soal desain moko, Rudy mengatakan bahwa konsumen bebas memodifikasi sesuai usaha yang dijalankannya. "Ada yang beli pikap, lalu ditambah bagian belakang, ada juga yang suka blind van, lalu dimodifikaasi pintu dan peralatannya," ujar Rudy.

Sejak diluncurkan pada 2007, ADM sudah berhasil menjual Gran Max 356.628 unit. Dari jumlah itu, 260.500 di antaranya model pikap, sisanya, 96.128 unit berbentuk minibus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com