Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Bekas ”Selamatkan” Perusahaan Pembiayaan

Kompas.com - 13/11/2015, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lesunya kondisi perekomian yang berakibat pada turunnya pembelian mobil dan sepeda motor cukup memukul perusahaan pembiayaan. Adira Finance adalah salah satu yang terdampak, namun peralihan fokus pembiayaan ke kendaraan bekas ternyata mampu menyelamatkan perusahaan dari penurunan yang lebih besar.

Marwoto Soebiakno, Wakil Direktur Adira Finance, mengatakan bahwa lesunya penjualan kendaraan roda dua dan roda empat disiasati dengan mengalihkan perhatian ke pembiayaan kendaraan bekas. Pertumbuhan dan kontribusinya naik signifikan, pertanda bahwa daya beli masyarakat menurun di segmen harga yang lebih terjangkau.

”Buat kami, pembiayaan kendaraan bekas menjadi salah satu antisipasi penurunan di segmen pembiayaan mobil baru. Kontribusinya tahun ini mencapai 39 persen dari total pembiayaan Adira Finance, atau naik dibandingkan tahun lalu yang berkontrioibusi 32 persen,” ujar Marwoto di sela syukuran ulang tahun ke-25 Adira Finance, di Landmark Tower, Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Marwoto pun menjelaskan, bahwa penurunan kredit untuk segmen kendaraan bermotor telah mempengaruhi pembiayan kredit perusahaan yang turun sekitar 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun, penurunan itu jauh di bawah penurunan industri yang mencapai 20 persen.

”Kami masih di atas penurunan industri. Diprediksi kondisi ini masih berlanjut hingga akhir tahun, dan pembiayaan mobil dan sepeda motor bekas masih akan menjadi andalan kami untuk menutupi penurunan itu,” kata Marwoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com