Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Panggil Ranger Pulang Kampung

Kompas.com - 10/11/2015, 13:07 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Ford dikabarkan berencana membawa kembali Ranger ke Amerika Serikat (AS). Model yang pernah jadi pikap terlaris di AS dari 1987 sampai 2004 itu sekarang “terpaksa” merantau di negeri orang.

Penjualan ritel Ranger di AS telah berhenti sejak pabrik Minnesota stop produksi mulai Desember 2011. Namun kini informasi baru menyebut Ford mau merakitnya di pabrik Michigan.

Selama ini Ranger dirakit  di Thailand, Afrika Selatan, Nigeria, dan Argentina. Hasil produksi keempat negara ini ditujukan untuk 180 negara kecuali AS. Ford AS tidak mau terbebani pajak 25 persen sesuai regulasi impor pikap yang berlaku.

Dikatakan media AS, rencana melahirkan Ranger di kampung halaman didapat dari negosiasi Ford dengan serikat buruh AS, United Auto Workers (UAW). Sumber yang tidak mau diungkap identitasnya mengatakan rencana produksi massal Ranger di Michigan mulai 2018.

Diskusi terkait strategi itu tengah dibicarakan sejak Agustus, sekarang “perjanjian tentatif” sudah dibuat menurut Autoblog, Senin (9/11/2015). Visi kesepakatan membawa investasi 9 miliar dollar AS dan menciptakan 8.500 pekerjaan.

Juli lalu Ford sudah mengumumkan akan menutup dan menarik keluar semua model yang diproduksi di pabrik Michigan pada 2018. Salah satu cara mempertahankannya yaitu menghasilkan produk baru untuk jangka panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com