Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peugeot Ikut Rancang Helikopter

Kompas.com - 10/11/2015, 12:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Dubai, KompasOtomotif – Peugeot, perusahaan keluarga Prancis yang awalnya membuat mesin penggiling kopi dan sepeda pada 1810-an, tahun ini memutuskan pamer kemampuan barunya merancang helikopter. Model H160 telah diperkenalkan di Dubai Airshow, produk itu hasil kolaborasi dengan perusahaan berkebangsaan sama, Airbus Helicopters.

“Peugeot Design Lab menunjukan kemampuannya mengatasi proyek teknologi kompleks lewat hasil kerja pada eksterior H160,” kata Cathal Loughnane, Head of the Peugeot Global Brand Design Studio, dalam keterangan resminya, Senin (9/11/2015).

Peugeot yang kita kenal bukan lagi hanya merek kendaraan roda empat ataupun dua. Laboratorium desain Peugeot yang didirkan pada 2012, sebelumnya telah mengerjakan berbagai proyek aviasi, tapi kini semakin menantang.

Peugeot diputuskan terlibat dalam pengembangan H160 sebab telah memenangkan kompetisi desain yang meminta menciptakan helikopter non-konvensional. Sketsa awal dibuat Peugeot, kemudian Airbus yang membuatnya jadi nyata.

Buat Airbus, H160 menggantikan model sebelumnya, Dauphin. H160 dirancang modern yang mendukung faktor aerodinamis, punya bagian kaca meruncing, menggunakan arsitektur berbahan komposit, dan bagian ujung baling-baling berdesain “Blue Edge”.

“Kami menggunakan ide desain yang dikembangkan Peugeot Design Lab untuk menjabarkan keperibadian kuat helikopter, refleksi dari inovasi, performa, dan emosi unik H160. Gaya desain jadi prioritas kunci program H160 yang membidik membuat impresi kuat juga kepribadian unik dan performa,” ujar Head of Style and Desain Airbus Helicopters, Guillaume Chielens.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com