Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Peugeot Scooter Django "Minum" Bensin ?

Kompas.com - 05/11/2015, 19:29 WIB


Jakarta, KompasOtomotif - Minat yang membludak dari konsumen di Indonesia setelah peluncuran resmi Peugeot Scooter Django di Indonesia International Motor Show (IIMS), Agustus lalu, harus dibuktikan lewat produk yang kompetitif. Setelah bisa melihat lebih dekat skutik bermerek Perancis, kini giliran menguji seberapa banyak Django mengonsumsi bensin di jalan.

Peugeot Django dibekali mesin empat tak, satu silinder, 150 cc, injeksi bertenaga 10,7 tk. Selama dua hari Django Sport menemami aktivitas sehari-hari di dalam kota. Metode pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan cara "full to full".

Tangki bensin motor diisi penuh dengan Pertamax, kemudian catat kilomter terakhir atau kosongkan odometer-nya, lalu gunakan kendaraan seperti biasa sampai jarak tempuh tertentu. Setelah itu, bensin kembali diisi penuh, kemudian catat kilometer terakhir saat mengisi, termasuk seberapa banyak pengisian bensin dilakukan.

Untuk mengetahui rata-rata konsumsi BBM-nya, cukup membagi jarak dan jumlah bensin yang diisikan ke tangki.

Stanly/Otomania Django 150 Sport konsumsi bahan bakar

Pengujian

Hari pertama pengujian dilakukan diawali dengan pengisian penuh tangki bahan bakar menggunakan Pertamax. Tak lupa trip-meter Django langsung diubah jadi posisi nol untuk dijadikan patokan jarak tempuh. Rute dalam kota mulai dari Jakarta Selatan ke Timur menjadi medan yang harus dilalui selama dua hari. Selama pengujian, Django hanya dikendarai seorang diri tanpa penumpang belakang, dengan bobot 67 kg.

Kemacetan padat di beberapa ruas jalan yang sedang masa pembangunan kerap menjadi sajian utama. Di sini posisi stop and go dan pengereman kerap dilakukan, perlakuan pun sama seperti harian, kadang agresif kadang berjalan santai.

Selam dua hari perjalanan, akhirnya di kawasan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Otomania pun memutuskan untuk menyelesaikan pengetesan. Angka trip meter berada di posisi 97 km dan langsung dibelokan ke pom bensin terdekat untuk mengisi ke posisi semula.

Stanly/Otomania Django 150

Hasil

Hasilnya, jumlah bensin yang masuk hingga ke posisi mencapai 3,11 liter. Artinya selam dua hari perjalanan dengan jarak tempuh 97 km dan membawa bobot 67 kg dengan mesin 150 cc, Django membutuhkan bahan bakar tiga liter lebih.

Setelah mendapat angka, tinggal dilakukan pembagiaan untuk menakar rata-rata konsumsi bahan bakarnya. Jarak tempuh dibagi dengan jumlah liter bensin yang ditambahkan hasilnya rata-rata konsumsi BBM Peugeot Django 150 Sport mencapai 31,18 kpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com